Cara Submit Sitemap Website ke Google Yasir252

Cara Submit Sitemap Website ke Google

Kita akan membahas cara submit sitemap website ke google. Nah jika kalian sebelum telah mengikuti Cara Membuat Sitemap di WordPressSekarang, tugas kalian adalah melakukan submit sitemap ke google melalui webmaster tools. Buat kalian yang memiliki website non-wordpress dan telah memiliki sitemap, cara submit sitemap ke google sama aja kok.

Cara Submit Sitemap Website

Langkah 1

Pertama tama, kalian pergi ke Google Search Console (Webmaster Tools). Lalu kalian login dengan akun Google. Kalau engga punya akun google, ya kalian tinggal daftar.

Langkah 2

Jika sudah login, kalian akan dihadapkan dengan halaman kosong jika belum pernah menambahkan situs. Tugas kalian sekarang adalah menambahkan situs (Add Property). Lalu input nama website kalian pada form yang muncul, dengan ketentuan Website.

Cara Submit Sitemap Website ke Google Yasir252

Langkah 3

Kalau udah diinput, nantinya akan muncul dialog untuk melakukan verifikasi kepemilikan website. Kalau kalian pengguna wordpress dan Yoast SEO, silahkan pilih alternate option. Lalu ambil kode HTML Tag untuk melakukan verifikasi.

Cara Submit Sitemap WordPress ke Google Yasir252

Langkah 4

Setelah di copy kode Meta nya, balik ke YOAST SEO di dashboard wordpress. Masuk ke menu General > Tab Webmaster Tools. Tinggal paste aja kodenya di dalam box Google Webmaster

Cara Submit Sitemap ke Google Yasir252

Langkah 5

Kalau udah di input, balik lagi ke Google Search Console (Webmaster Google), lalu tekan tombol VERIFY

Langkah 6

Setelah terverify, kalian buka Website yang bersangkutan, lalu masuk ke Menu Crawl > Sitemaps

Cara Submit Sitemap ke Google Yasir252

Langkah 7

Lanjut dengan mengklik tombol ADD/TEST SITEMAP yang berada di pojok kanan atas. Lalu kalian input URL Sitemap yang telah kalian dapatkan di YOAST SEO atau yang telah kalian buat. Misalnya, saya ambil url sitemap website ini https://www.yasir252.com/post-sitemap.xml, maka tinggal diinput ke dalam form dan tekan SUBMIT. Kalau kalian ragu, coba tekan tombol TEST dulu untuk melakukan pengecekan.

Cara Submit Sitemap ke Google Yasir252

Langkah 8

Jika sudah selesai, tunggu proses INDEXING yang bisa memakan waktu hingga 7 hari atau bahkan 1 bulan. Kalian harus sabar ya! Nanti kurang lebih, hasilnya akan muncul dalam grafik seperti dibawah ini.

Cara Submit Sitemap Website ke Search Engine Yasir252

 

Nah begitu aja sih kurang lebihnya cara submit sitemap ke google. Bagaimana dengan Bing dan Yandex? Kurang lebih caranya sama persis, kalian hanya perlu mendaftarkan website, melakukan verifikasi kepemilikan, lalu mencari fitur sitemap submit, submit deh sitemapnya. Gampang kan cara submit sitemap?

 

Tips :

Untuk Submit sitemap ke BING masuk aja ke Webmaster Tools BING

Untuk Submit sitemap ke Yandex masuk aja ke Webmaster Tools Yandex

Tinggalkan Komentar