Cara Mempercepat Google Crawler Website

Cara Mempercepat Google Crawler Rate di Website

Salah satu pertanyaan terbesar bagi para pelaku SEO adalah “Bagaimana cara untuk mempercepat Google Crawler Rate di website?“.  Jika Anda memiliki website portal atau berita, tentunya ingin agar semua artikel bisa langsung terindex dan terupdate di halaman pencarian dalam waktu singkat.

Tetapi pada dasarnya, SEO artikel itu baru mulai efektif mulai dari 1 – 6 bulan setelah artikel di posting. Waktu yang cukup lama bukan? Nah disinilah keuntungan ketika website kita telah memiliki kecepatan Google Crawler Rate yang tinggi. Proses index artikel ke halaman pencarian nantinya hanya membutuhkan hitungan jam atau bahkan menit untuk dapat tampil di hasil pencarian SERP (Search Engine Result Page).

Sebelum kita membahas cara mempercepat Google Crawler Rate di website, kita simak dulu beberapa penyebab terlambatnya proses crawling.

Beberapa Penyebab Google Crawler Sangat Lambat

Penyebab Google Crawler Rate Lambat

Ketika proses crawling terjadi sangat lambat, ada beberapa hal yang mungkin bisa mempengaruhinya. Salah satu penyebab terbesar adalah kurangnya quality backlink yang tertuju (pointing) ke website kita. Karenanya, Google menganggap website kita tidak begitu penting dan tidak memiliki nilai yang menarik. Adapun penyebab lainnya adalah sebagai berikut :

1. Authority Website Sangat Lemah

Domain Authority Google Crawler Rate SEO

Authority sangatlah diperlukan untuk mendapatkan skor SEO yang tinggi. Sederhananya, kita bisa mendapatkan Authority dengan backlink atau Inbound link yang berkualitas. Dimana hal itu bisa kita dapatkan ketika ada website external memposting link website kita dan memberikan rujukan referensi.

Ketika baru membangun sebuah website, tentu Authority web akan mulai dari nol dan Google Crawler Rate tidak akan bekerja secara maksimal. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan strategi Link Building. Artikel mengenai link building sudah banyak beredar di internet, beserta dengan cara dan step by stepnya.

2. Server Website Sangat Lambat dan Bermasalah

Kecepatan Website Mempengaruhi Google Crawler Rate

Google sudah berulang kali menjelaskan bahwa kecepatan loading website sangat mempengaruhi SEO. Jika kita perhatikan, sekarang di search console tools sudah ada menu tersendiri yang membahas mengenai Speed (Experimental) dari website yang kita kelola. Dari sana, kita bisa melihat ada berapa halaman yang memiliki kecepatan SLOW (lambat) dan harus segera diperbaiki.

Pastikan website Anda memiliki page speed loading kurang dari 2 detik untuk desktop dan kurang dari 3 detik untuk mobile. Kecepatan web bisa kalian test di berbagai penyedia online seperti Pingdom Speed Tools, GTMetrix Speed Test dan masih banyak lagi.

3. Banyak On Site SEO Error di Website Anda

Onsite SEO Error Memperlambat Google Crawler

Onsite SEO Error bisa menjadi salah satu penyebab Google Crawler melambat. Hal ini biasanya terjadi ketika ada konfigurasi yang bermasalah. Misalnya, kode PHP error, Tag SEO tidak tersusun dengan baik, tidak memiliki structured data, banyak 404 error, server sering mengalami downtime dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, kalian perlu menganalisa kemungkinan masalah yang terjadi di website. Bisa menggunakan Search Console, Screaming Frogs Analyzer dan juga SEO checker secara online yang tersedia gratis di internet.

4. Terlalu Banyak URLs Yang Disubmit

Sitemap URL Mempercepat Google Crawler Rate Website

Memang kita diwajibkan untuk membuat akun Search Console Google dan submit Sitemap website. Namun, ketika jumlah URL website yang disubmit terlalu banyak, tentu akan menjadi masalah. Masalah ini berhubungan dengan keterbatasan resource Google. Jika website memiliki banyak URL tidak berguna seperti Tags, Admin Panel, Folder dan Attachment, sebaiknya URL tersebut dihilangkan dari sitemap.

Untuk membuat sitemap sendiri tidaklah rumit. Jika Anda pengguna wordpress, silahkan gunakan plugin seperti Yoast SEO untuk generate sitemap secara otomatis. Disana juga banyak konfigurasi URL apa saja yang bisa disubmit. Upayakan agar URL yang di index oleh Google itu seminimal mungkin dan hanya berisikan konten dan halaman yang penting saja.

Tips Untuk Mempercepat Google Crawler Membaca Website

  1. Melakukan Link Building
  2. Menganalisa dan Memperbaiki On Site SEO di Website
  3. Menambahkan XML Sitemap dan submit ke Search Engine
  4. Validasi Permasalahan yang Muncul di Search ConsoleValidasi Error Mempercepat Google Crawler Rate
  5. Memperbaiki Kecepatan Website
  6. Merubah settingan Google Crawler Rate secara manual
  7. Gunakan server yang cepat dan stabil
  8. Menggunakan strategi Social Media Sharing

Semua tips diatas sudah sangat banyak artikelnya beredar di internet. Setiap website tentu membutuhkan treatment yang berbeda, jadi tidak ada salahnya untuk selalu mencoba. Semoga bermanfaat!

Leave a Response