SEO Extension Chrome Terbaik

8 SEO Extension Chrome Terbaik Untuk Analisa dan Statistik

Chrome memiliki banyak extension yang bisa kita dapatkan baik secara gratis ataupun berbayar. Jika kalian adalah web developer atau web admin, mungkin ada saatnya dimana kalian butuh extension yang dapat memantau kinerja website. Terutama untuk memantau performa peningkatan SEO dan traffic. Pada artikel ini kita akan membahas, beberapa extension seo chrome favorit admin untuk menganalisa peningkatkan SEO di website yasir252 ini.

Pada intinya, semua extension ini bekerja hanya sebagai tolak ukur. Jadi jangan salah persepsi, extension tidak akan membantu kita untuk meningkatkan SEO website secara langsung. Tapi dengan statistik yang diberikan, mungkin akan bisa membuka beberapa informasi penting terkait dengan teknik peningkatan SEO di website. Baca tutorial cara meningkatkan SEO di wordpress disini.

1. MOZBAR

Mozbar Seo Extension Chrome Terbaik

Mozbar mungkin adalah salah satu extension seo chrome terbaik yang admin gunakan. Memiliki metrics yang sangat lengkap untuk menganalisa SEO dari suatu halaman yang kalian buka. Beberapa fiturnya :

  • Page Authority
  • Domain Authority
  • Alt Text
  • Meta Robots
  • Jumlah Backlinks
  • Informasi IP dan Server Location
  • Highlight follow, nofollow, internal, external link dan keywords utama

Kalian juga akan diberikan informasi ketika melakukan pencarian di google. Jadi tanpa perlu masuk ke dalam halaman, kalian bisa melihat beberapa metrics dari website tersebut.

 

2. SEOQuake

SeoQuake Seo Extension Chrome Terbaik

Sekarang kita akan membahas extension SEOQuake dari SEMRush.  Memiliki kemampuan untuk melihat Google PageRank, Alexa Rank, dan banyak SEO parameter lainnya dengan mudah. Berikut beberapa fiturnya :

  • Google PageRank
  • Google Index Status
  • Alexa Rank
  • Usia Website
  • WhoIs Link
  • SEMRush Rank
  • Nofollow Links

Sama seperti Mozbar, extensions ini muncul ketika kalian melakukan pencarian di google. Nanti akan muncul beberapa parameter metrics yang mungkin dapat membantu kalian untuk analisa SEO dari beberapa source.

 

3. Check My Links

Check My Link SEO Extension Chrome

Check My Links adalah extension chrome yang berfungsi untuk melakukan pemeriksaan onpage link menjadi lebih mudah dan efisien. Cara kerjanya lebih seperti crawler, dimana kalian cukup buka halaman yang ingin di scan, lalu secara otomatis extension ini akan menyajikan data link dalam bentuk highlight. Untuk link yang bekerja, akan ditandai warna hijau, sedangkan merah untuk yang error 404. Ada juga fitur untuk melihat link yang nofollow.

 

4. Majestic Backlink Analyzer

Majestic Backlink Analyzer SEO Extension Chrome

Berbeda dari extension lainnya, fungsi dari Majestic Backlink Analyzer adalah memberikan kita data mengenai Backlink website (link to site). Majestic menggunakan metrics mereka sendiri untuk menemukan backlink dari suatu website. Dengan ini pula, kita bisa mencari tau backlink mana yang memberikan nilai positif terhadap SEO, atau mana yang berdampak negatif terhadap SEO.

 

5. Alexa Toolbar

Alexa SEO Extension Chrome

Sebenarnya Alexa Toolbar bukanlah extension untuk memantau SEO, tapi dari sini kalian bisa membandingkan beberapa metrics penting seperti Pageviews, Time on site, dan jumlah pengunjung. Bandingkan ranking website kalian dengan website sejenis lainnya (competitor). Dari sini juga, kalian bisa melihat 5 keyword pencarian competitor. Ada juga fitur untuk melihat related links, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan statistik yang lebih lengkap dari Alexa, coba kalian cek rank2traffic.com.

 

6. On Crawl

On Crawl SEO Extension Chrome

Melakukan SEO Audit bisa jadi lebih gampang dengan extension seo chrome On Crawl ini. Kalian tinggal buka halaman yang ingin di audit, nanti secara otomatis On Crawl akan menyajikan beberapa teknik untuk meningkatkan SEO on page kalian. Termasuk :

  • SEO tags
  • Duplicate and near duplicate content
  • Structured data
  • Social metas
  • Linking
  • Load time

Dengan extension ini, kalian bisa dapetin full report SEO dari sebuah halaman, dan juga dikasih tau gimana cara optimasinya. Kurang lebih plugin ini sama kaya Google Lighthouse, hanya saja jauh lebih lengkap.

 

7. Google Page Analytics

Google Page Analytics SEO Extension Chrome

Google Page Analytics berfungsi untuk menghubungkan akun google analytics kalian. Sehingga pada saat sedang loading halaman website, secara otomatis extension ini akan menyajikan informasi mengenai halaman yang terbuka itu. Extension ini hanya berfungsi untuk website yang kalian telah integrasikan dengan google analytics.

 

8. Similar Web

Similar Web SEO Extension Chrome

Similar Web memiliki berbagai tools dan metrics canggih untuk memantau performa website lain. Misalnya traffic, engagement, bounce rate, top countries dan masih banyak lagi. Kalian akan bisa mendapatkan beberapa statstik data dari sebuah website hanya dengan sekali klik extension ini.

Setelah menginstall semua extension diatas, maka selanjutnya tugas kalian adalah melakukan optimasi SEO di website. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar