Belajar Bisnis Online Dengan Tools Gratis Google Yasir252

Belajar Bisnis Online dengan Tools Gratis dari Google

Belajar bisnis online, banyak orang yang ingin memulainya dari sekarang. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika netizen saja bisa menghasilkan uang yang cukup besar melalui bisnis online yang mereka tekuni. Bahkan tidak jarang penghasilan mereka bisa melebihi para pengusaha produk fisik ataupun jasa. Contoh saja dengan metode affiliate marketing dan blog advertisement.

Gimana Cara Memulainya?

Sebetulnya banyak jalan untuk membangun bisnis online di internet. Bisa saja dengan membuat portal berita, membangun toko online, membuat forum sosialita, jual beli di ecommerce besar, hingga membuat website file sharing dan download. Kuncinya memang hanya ada di ketekunan, pantang menyerah, selalu inovatif dan memberikan konten berkualitas.

Saya sendiri sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis online dan sampai sekarang masih dibilang tahap pembelajaran.  Bermodalkan dengan beberapa website, saya berusaha untuk selalu mengembangkan lingkup niche yang saya targetkan. Dari website tersebut, ada yang sudah cukup besar dengan ribuan – puluhan ribu pengunjung setiap harinya, ada juga yang masih baru menyentuh angka seribu pengunjung perharinya (website yasir252 ini).

Nah pada artikel kali ini, saya akan share beberapa tools gratis dari google yang bisa kalian gunakan untuk memulai belajar bisnis online. Mungkin ada beberapa yang kalian tau, tapi pernahkah kalian gunakan untuk belajar bisnis online?

11 Tools Google Gratis Untuk Belajar Bisnis Online

  1. Google My Business

    Advertising gratis di google? Simple banget, kalian cukup claim di Google My Business listing (dulu Google Places), dan nantinya bisnis online kalian akan tampil ekslusif di pencarian google. Namun ingat, keyword competition tetap berlaku ya kawan-kawan. Kalau nama bisnis online kalian tidak unik, akan sangat sulit untuk bisa muncul.

    Jadi untuk membangun bisnis online, mulailah dengan memilih nama yang sangat unik dan pastikan tidak ada orang lain yang menggunakan. Misalkan PT Alpha Zamasto (salah satu klien saya). Sudah setahun yang lalu saya mendaftarkan website ini ke Google My Business. Kalau kalian search di google, akan muncul nama PT Alpha Zamasto, Alamat dan data lainnya.Belajar Bisnis Online Dengan Tools Gratis Google Yasir252

  2. Google Webmaster Tools

    Anggap saja google webmaster tools itu adalah dashboard administrasinya website kalian di search engine google. Disini kalian bisa melihat segala data mengenai kesehatan website kalian pada pencarian google. Tapi sebelumnya, kalian harus mendaftar dulu di Google Webmaster Tools dan melakukan verifikasi website.

    Di google webmaster tools kalian bisa manfaatkan fitur Sitemap Submit, URL Removal Tool, URL Fetch Tool, Country Targetting dan Analisa Data Traffic. Disini juga kalian akan mendapatkan notifikasi apabila terjadi masalah pada website, misalnya website tidak bisa diindex oleh google, website terserang malware berbahaya, perubaha sistem google dsb.
    Belajar Bisnis Online Dengan Tools Gratis Google Yasir252

  3. Google Suite: Docs, Sheets, Slides dan Forms

    Ada 2 hal yang saya bisa rekomendasikan untuk membangun bisnis online dengan memanfaatkan tools ini.Pertama, gunakan google forms untuk menarik interaktif antara audience dan admin, mungkin bisa dengan membuat polling, tanya jawab bantuan admin, dan survey mengenai kualitas konten website, dll.

    Kedua, manfaatkan google docs, sheets dan slides untuk membuat sebuah dokumen online kolaborasi, dimana dokumen kolaborasi tersebut bisa di rubah, edit, delete isinya oleh rekan kerja kalian yang memiliki akses ke file melalui email

    Docs untuk Word documents.
    Sheets untuk Excel spreadsheets
    Slides untuk PowerPoint presentations
    Google Forms untuk Melakukan Voting, Survey, dan Formulir

  4. Google Adwords & Keyword Planner

    Google Adwords adalah program berbayar dari google yang memungkinkan memasang iklan mengenai website kalian untuk sejumlah keywords dihalaman pertama google. Sistem berbayarnya adalah Pay Per Click. Kalau ada visitor yang masuk ke web kalian melalui pencarian Google Ads, barulah kalian dikenakan charge pembayaran, biasanya tergantung kemampuan kalian membayar. Kalau kalian sedang membangun bisnis online, misalnya Penyewaan Hosting Server, maka kalian bisa coba Google Adwords untuk mendapatkan klik organic.

    Google Adwords Keyword Planner sebenernya masih nyambung dengan Google Adwords. Tapi bedanya, fungsi dari Keyword Planner ini adalah untuk mengoptimalkan keyword yang ditargetkan. Disini kalian bisa melihat keyword apa yang memiliki volume traffic tinggi dan kemungkinan harga CPC untuk bersaing.

    Dengan tools ini, sebenarnya kita juga bisa loh menjadikannya sebagai keyword research. Untuk menentukan keyword yang jumlah pencariannya tinggi dan memiliki cpc besar pada konten website. Tips SEO pemilihan keyword dengan google adwords keyword planner.

    Belajar Bisnis Online Dengan Tools Gratis Google Yasir252

  5. Google Analytics

    Ketika sedang belajar bisnis online, tentunya perkembangan website merupakan salah kunci kesuksesan. Tools ini digunakan untuk mengukur perkembangan bisnis online anda dari waktu ke waktu. Memang tools ini sudah lazim digunakan oleh para professional. Kalian bisa daftar dan verifikasi google analytics disini.

    Dengan dipasangnya Google Analytics, kalian dapat membandingkan, mengukur dan mengamati jumlah pengunjung website dari waktu ke waktu. Kita juga dapat mengetahui karakteristik pengunjung dan bahkan dapat mengetahui konten apa aja sih yang punya view terbanyak.

    Nah, saya langsung kasih contoh aja ya. Jumlah konten saat ini di web yasir252.com adalah ±230 konten, dengan jumlah pengunjung rata-rata 700 – 1000/hari. Saya akan menunggu momen yang tepat, yaitu ketika sudah mencapai 750 konten dan total 2000 kunjungan/hari. Setelah 2 goal itu tercapai, saya langsung akan melakukan off site promo keluar.

    Off site promo yang saya maksud disini, adalah mulai mempromosikan web dalam skala besar, mengumpulkan backlink, share ke socmed secara massal, dan pastinya mengirimkan seluruh konten ke penjuru internet. Tapi bukan spamming promo loh ya! Meskipun sebelas dua belas, tapi promo off site ini harus di imbangi dengan konten yang berkualitas tentunya.

  6. Google Adsense

    Mendapatkan uang dari internet melalui program publisher iklan Google Adsense. Pada peluang bisnis online ini, kita bisa dapatkan uang dengan memasangkan iklan orang lain di website kita. Jika website kalian itu tergolong white hat (tidak mengandung konten illegal) maka kalian akan dengan mudah mendaftarkannya ke program adsense.

    Nah untuk website yang memiliki beberapa kasus tertentu, misalkan website download, nonton film online, torrent, dll. Maka kalian harus menggunakan metode khusus untuk bisa memasng adsense, seperti safelinkconverter dan semacamnya. Bagi yang baru mulai belajar bisnis online, saya sarankan untuk membuat website white hat aja dulu ya.

    Google Adsense sistem pembayarannya adalah Pay Per Click. Jadi kalau kalian belum memiliki basis visitor yang besar, saya rasa cukup sulit untuk meraup keuntungan yang wah. Saran saya ya sabar dulu, dan tunggu momen hingga website kalian bisa booming/viral. Setelah booming, baru kalian pasangkan adsense.

    Gampangnya gini, saat ini web kalian memiliki 1000 pengunjung/hari. Sebagus bagusnya, kalian munking hanya bisa dapat uang $1/hari maksimal, tergantung CPC dan regional. Nah kalau website sudah booming, dengan jumlah visitor lebih dari 3000/hari, tentunya mendapatkan 3 – 10$ per hari akan lebih mudah.

    Jadi mau cari uang recehan? Atau bangun dulu basis visitor website, dengan inovasi menarik dan konten berkualitas baru dipasangkan iklan? Pilihan ini ada di kalian.

  7. DoubleClick Search by Google

    Jika Google AdWords membantu kita untuk memutuskan keyword mana yang akan ditargetkan, DoubleClick Search adalah bagian lain dari strategi search engine ads.

    DoubleClick adalah produk Google untuk membantu para pengiklan membuat dan mengukur iklan mereka sehingga mereka bisa menargetkan audience dengan tepat. Alat ini membantu Anda memahami kata kunci mana yang ditargetkan dan cocok dengan audiens Anda, dan bagaimana perilaku pencarian pasar ini berubah secara real time.

    Jadi tools ini kaya konsultan iklan, atau advertising consultant. Di coba aja sendiri ya di DoubleClick Search by Google

  8. Google Pagespeed Insights

    Google PageSpeed Insights adalah alat untuk mengukur kecepatan loading sebuah Blog/Web.  Tools ini akan melakukan scanning URL dua kali, yang satu dengan perangkat seluler, dan yang satunya dengan pengguna desktop. Nanti kalian akan disajikan dengan score. Silahkan tes sendiri kecepatan loading website kalian. Untuk web yasir252, punya skor mobile 89 dan desktop 71. Engga terlalu cepat, tapi sudah sangat cukup untuk kualitas tampil di halaman pertama google.

    Kecepatan website memang dari dulu sudah menjadi salah satu faktor besar untuk bisa tampil di halaman pertama google. Jadi untuk membangun bisnis online yang bagus, kalian harus memiliki performa server dan website yang cepat. Jangan gunakan server hosting murahan, misal 50rb per tahun gitu.Belajar Bisnis Online Dengan Tools Gratis Google Page Speed Insights Yasir252

  9. Google Trends

    Selain Google AdWords keyword planner, Google Trends juga bisa digunakan sebagai alat yang hebat untuk membuat pilihan keyword yang lebih cerdas. Tools ini memungkinkan Anda untuk mengevaluasi keyword populer pada setiap momen waktunya, membandingkannya dengan variasi keyword lain, menganalisis bagaimana popularitas bervariasi dari waktu ke waktu, melihat performanya di berbagai wilayah/bahasa, serta bisa menyarankan keyword yang lebih tepat untuk campaign seo anda.

    Google trends cocok digunakan untuk kalian yang sedang belajar bisnis online dan baru saja merintis website Portal Konten. Baik itu portal berita, portal olaharga, portal teknologi, dan semacamnya, asal jangan buat portal narkoba dan pornografi ya. 😉

  10. Youtube

    YouTube telah menjadi salah satu produk berhasil Google sejak 2006. Fakta mengatakan bahwa lebih dari 1 miliar pengguna YouTube menonton ratusan juta jam durasi video di YouTube dan menghasilkan miliaran views setiap harnyai. Pilihan kalian hanya 2 untuk memanfaatkan youtube yang full gratis ini.

    Pertama, memasangkan iklan bisnis kalian ke youtube supaya terjangkau banyak audience. Kedua, memanfaatkan tools ini untuk mempromosikan bisnis anda dengan cara yang kreatif, seperti membuat video infografis, membuat web series, membuat tutorial, memviralkan sebuah video promosi (contohnya yang uang jatuh di langit jakarta). Bahkan bisa melakukan keduanya secara bersama sambil mulai belajar bisnis online.

  11. Google Feedburner

    Apabila seseorang berlangganan Feedburner dari sebuah Website, maka secara otomatis dia akan mendapat pemberitahuan update artikel terbaru melalui email dari feedburner. Tentunya tools ini akan membantu meningkatkan page view setiap halaman artikel terbaru dan tentunya akan berpengaruh untuk meningkatkan traffic bisnis online kalian. Feedburner Google ini merupakan layanan gratis untuk membantu mempublikasikan artikel dari sebuah blog melalui email.

Tools Gratis Lainnya Rekomendasi Admin

  1. Cloud File Hostin – Google Drive
  2. Google Voice
  3. Google News
  4. Fitur Google Calendar
  5. Serps Keyword Research
  6. Site SEO Checker
  7. Pingdom Website Speed Test

 

Ada tools gratis lainnya yang kalian tau? Share tools tersebut dikolom komentar dan mari kita berbagi sambil belajar bisnis online! Salam sukses.

Tinggalkan Komentar