Tips SEO Optimasi dan Update Artikel Jadul Website

Tips SEO – Optimasi dan Update Artikel Jadul Website

Seperti yang kalian tau, ada suatu trik dan teknik khusus untuk membuat konten website kita bisa muncul di halaman pertama google. Teknik tersebut bernama SEO (Search Engine Optimization). Jika kalian belum membaca tutorial saya sebelumnya, saya persilahkan untuk cek dulu beberapa artikel dibawah ini :

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas 9 Tips SEO untuk tampil di halaman pertama google. Dimana kali ini kita akan membahas tips seo menarik lainnya, yaitu cara optimasi dan update artikel jadul di website.

Kalian mungkin hanya terbiasa membuat konten baru setiap hari. Tapi sadar ga kalau membuat artikel baru itu memakan waktu yang lebih lama. Tentunya jika dibandingkan dengan membuka konten jadul, dan mengupgradenya. Caranya bisa dengan memodifikasi tanggal, menggati judul, menyisipkan trend terbaru, link download terbaru, dan keyword terbaru yang relevan.

Konten Jadul Jangan Dihapus – Justru Harus di Update

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin Optimasi dan Update Artikel Jadul :

  1. Jangan Merubah URL – Jika kalian memiliki konten jadul yang sudah memiliki rank bagus di Google, maka jangan coba-coba mengganti URLnya ya! Karena jika URL konten jadul itu berubah, maka google akan menganggapnya sebagai konten baru yang tidak memiliki rank, sadis memang. Namun beda halnya jika konten jadul kalian tidak dapat perform dengan baik. Entah pengunjung organicnya sangat sedikit, atau judul URL tidak berkaitan dengan SEO Keyword karena kurangnya pemahaman mengenai SEO. Maka barulah kalian boleh mengupdate konten jadul itu dengan URL baru yang lebih SEO friendly.

    Misal : https://www.website.com/artikel-jadul-games-terbaik-2017, karena tahun 2017 sudah tidak up to date, maka kalian bisa merubah tahun 2017 dengan 2018. Tentunya tanpa merubah struktur URL lain. Jadi hasilnya adalah https://www.website.com/artikel-jadul-games-terbaik-2018


  2. Update Keyword Relevan – Setelah kalian menganalisa URL, sekarang saatnya untuk optimasi dan update keyword konten jadul. Siapa tau aja, konten jadul kalian sudah tidak relevan dengan pencarian google saat ini. Untuk itu, kalian bisa coba melakukan riset keyword dengan konteks yang mirip di Google Adwords. Setting pencarian keywordnya dari Last Year, menjadi Last Month.

    Misal : Konten jadul kalian menargetkan keyword “tempat download lagu gratis 2007” tentunya keyword tersebut tidak relevan dizaman 2017 keatas. Sekarang sudah zamannya smartphone. Saya pun melihat memang sudah menurun jumlah netizen yang mendownload lagu dari website tertentu. Kebanyakan penikmat lagu sekarang langsung dari youtube, atau dari aplikasi smartphone (Spotify, Joox atau iTunes). Maka sebaiknya kalian update keyword konten jadul kalian menjadi “aplikasi download lagu gratis” atau “download lagu dari youtube”


  3. Optimasi Konten dan Kualitas – Review ulang konten jadul sebelum dan sesudah di update keywordnya. Masih banyak kah konten yang sudah tidak uptodate? Kalau masih banyak, adalah tugas kalian untuk meracik konten tersebut kembali. Misalnya, merubah title H1, menulis ulang paragraf per paragraf dengan kalimat yang lebih ringkas dan SEO friendly.

    Misal : kalian punya konten jadul “Games Gratis Android 2017”, tentu seluruh konten tersebut per tahun ini sudah kadaluarsa. Maka sekarang, kalian harus mulai mencari game game terbaru di tahun 2018, menyusun ulang daftar gamesnya, dan memperbaiki kalimat 2017 menjadi 2018.

Apalagi yang harus di Optimasi dan Update?

  1. Cek Internal dan External Link – Jika tadi kalian memiliki artikel Games Gratis Android 2017 yang telah di optimasi kualitasnya. Maka sekarang kalian harus mengupdate Link Download dan link referal yang ada di halaman tersebut. Jangan sampai kalian membagikan URL internal atau external yang sudah mati (URL 404).
  2. Update Image Yang Lebih Fresh – Seperti yang saya tulis itu, kalian bisa mempercantik tampilan artikel jadul dengan mengupdate seluruh gambar yang ada di dalamnya. Entah mungkin kalian berikan design yang lebih menarik dan ngepop, atau kalian kasih gambar yang lebih simple dan jelas.
  3. Promosikan Ulang Konten Tersebut  – Ada empat hal penting yang bisa kalian lakukan ketikan melakukan promosi ulang. Pertama, pastikan artikel jadul yang telah kalian update itu berada di halaman utama website, tampilkan pula di sidebar kalo perlu. Kedua, kalian harus memberikan footnote yang menunjukkan telah terjadinya update di halaman tersebut. Jadi pengunjung tau kalau artikel jadul itu masih diupdate hingga sekarang. Ketiga, merubah tanggal posting. Jika tadinya tanggal post berada di 2017, maka kalian bisa repost dan update tanggalnya menjadi yang paling update. Keempat, jangkau seluruh penjuru internet dan promosikan kembali konten anda.

Cara Optimasi dan Update Artikel Tua di Website

Berapa Lama Optimasi Akan Mempengaruhi SEO?

Sebenarnya saya sulit untuk memberikan kepastian, tapi menurut banyak pakar SEO dan menurut pengalaman pribadi saya. Setelah kalian optimasi artikeljadul, maka pengaruhnya terhadap pencarian google akan terjadi dimulai dari 1 Bulan hingga 6 Bulan, setelah update. Tergantung jumlah pesaing SEO dan kualitas konten kalian. So, jangan menyerah ya!

Optimasi dan Update Artikel Jadul Website Sangat Mudah!

Woke, itu adalah tips seo kita untuk hari ini. Sebetulnya masih ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengupdate konten lama yang ada di website, supaya bisa tetap eksis dan menghasilkan organic user dari pencarian google. Tetapi ingat, kalian harus tetap melakukan update konten terbaru, jangan sampai hal ini berhenti karena sibuk mengurusi konten jadul. Kita harus memadukan kedua taktik (Update konten jadul, dan update konten terbaru) untuk terus memberikan User Experience terbaik pengunjung, dan pastinya mendapatkan Rank yang bagus di pencarian Google.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya!

 


 

Tinggalkan Komentar