9 Tips SEO Cara Tampil di Halaman Pertama Google Yasir252

9 Tips Seo : Cara Tampil di Halaman Pertama Google

Halo kawan semuanya, kali ini admin akan membahas 9 tips SEO untuk tampil di halaman pertama google.

Buat kalian penggemar utak atik website, tentunya ingin dong punya web yang SEO nya kuat. Bukan hanya mengharapkan website bisa muncul halaman pertama di google, tapi juga mengharapkan bisa mendapatkan visitor organic sebanyak banyaknya ya kan?

Visitor organic sendiri artinya adalah pengunjung website yang masuk melalui perantara pencarian di search engine. Makanya dinamain organic. Kaya nasi organic di kfc ya.

Oke untuk tipsnya sendiri saya tidak akan panjang lebar. Intinya, sebelum kalian ingin mempublish sebuah konten di website pribadi kalian, mungkin bisa di coba 9 tips seo berikut ini :


1. Memilih dan Menggunakan Keyword Terbaik

Hal pertama yang sangat penting bagi saya adalah pemilihan keyword. Meskipun kalian yakin bahwa artikel yang di buat sudah berkualitas, namun jika tidak ada yang bisa menemukannya di google, mubazir kan?

Mubazir dalam arti disini, sudah ngetik panjang lebar namun ternyata materi yang kita tulis itu bukanlah suatu hal yang sering dicari oleh orang lain. Misalnya kalian membahas tentang “Cara Buka Gordeng”

Masalah Utamanya Keyword : Tanpa menggunakan plugin aja, saya sudah bisa menebak jumlah orang yang mencari keyword tersebut setiap harinya, PASTI SEDIKIT BANGET! Tentunya tidak akan effektif dan hanya menyita waktu kalian.

Nah untuk mengetahui keyword apa yang harus kalian gunakan sebetulnya gampang-gampang susah. Diperlukan pengalaman dan riset mendalam tentang apa yang mau kalian buat.

Saya kasih contoh keyword yang bagus dan sering orang cari. “Cara Menghilangkan Jerawat”, “Harga Paket Telkomsel”, “Laptop dibawah 5 juta” dan lain sebagainya.

Memang keyword tersebut bagus dengan jumlah pencarian per harinya sangat besar, namun ingat, masih banyak hal yang mempengaruhi SEO.

Solusi Pemilihan Keyword : Jadi kalau kalian ingin bersaing SEO, usahakan ambil Keyword yang relatif. Relatif yang saya maksud disini adalah, banyak orang yang cari, tapi jarang ada website yang menulisnya. Rumit banget ya? Engga sih, cuma membingungkan aja. Nah untuk mensiasati hal itu, kalian bisa coba riset keyword menggunakan Google Keyword Planner.

9 Tips SEO Cara Tampil di Halaman Pertama Google Yasir252


2. Memantau Kompetisi Keyword

Masih sepaket dengan Keyword, kompetisi keyword adalah salah satu faktor SEO yang cukup penting juga. Dimana semakin banyak website yang menuliskan artikel mengenai keyword yang kalian pilih, maka secara istilahnya kalian itu akan bersaing keyword dengan website-website lain.

Gimana Cara Bersaing Keyword?

Ada beberapa faktor untuk tampil di halaman pertama google. Mulai dari melihat Popularitas Website, Jumlah Visitor per Hari, Kelengkapan Atribut SEO dan masih banyak lagi.

Namun jangan heran kalau pada suatu kasus, website kalian yang sudah SEO proven bisa kalah saing dengan website blogspot pemula. Karena pada dasarnya, google menggunakan algoritma yang cukup unik untuk menentukan kesinambungan antara konten dan pencarian.

Terus Gimana Cara Aman Bersaing Keyword?

Balik lagi ke kompetisi keyword, hal yang perlu kalian lihat sebenarnya simple. Masih di Google Keyword Planner, setelah kalian menentukan keyword yang ingin digunakan, lihat aja Competitionnya. Usahakan cari Monthly Searchnya 1k – 10k atau 10k – 100k namun dengan Competition LOW. Saya kasih contoh gambar dibawah, pilihan keyword tentang jerawat tapi yang punya LONG TAIL KEYWORD. Karena kalau ambil yang tanpa Tail Keyword, rasanya akan jauh lebih berat persaingannya.

9 Tips SEO Cara Tampil di Halaman Pertama Google Yasir252

Lihat dari kasus diatas, saya engga ambil keyword “Cara Menghilangkan BEKAS Jerawat Secara Alami” soalnya di top keyword pertama sudah ada keyword “Cara Menghilangkan Bekas Jerawat” dengan competition Medium.

Maka sebaiknya kita ambil keyword bawahnya “Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya”, karena keyword “Cara Menghilangkan Jerawat” sendiri masih memiliki competition SEO yang LOW.

Kok Yang Search Banyak Tapi Competitionnya LOW?

Kalau kalian bingung kenapa keyword sebesar itu bisa competitionnya LOW. Hal itu dikarenakan, kebanyakan website kesehatan tidak memiliki SEO yang proper. Artinya, niche kesehatan itu banyak diantaranya pemula dalam urusan SEO. Google mendeteksi dan merangkum beberapa website yang fokus pada keyword tersebut masih tidak sepenuhnya SEO proven.

Makanya Competition masih LOW meskipun sudah banyak yang bikin artikel.


3. Menulis Konten Berkualitas

Oke kita sudah paham tentang keyword dan persaingan keyword. Sekarang saatnya kalian untuk membuat konten. Bagi sebagian web blogger, tentunya membuat konten yang super wah merupakan tantangan tersendiri. Terlebih lagi kalau konten yang dibuat ditujukan untuk persaingan keyword yang kuat (Medium atau High). Kalau artikel yang kalian gak viral, jangan harap bisa tampil di halaman pertama google.

Apa konten berkualitas itu?

Inti dari menulis konten berkualitas adalah kepuasan pembaca. Kalian harus memastikan setiap paragraf mengandung makna dan bisa melekat kuat di benak pembaca.

Tapi engga jarang juga, kadang tanpa puluhan paragraf pun kalian bisa menghasilkan konten yang berkualitas. Misalnya membuat REVIEW barang, games, plugin, tema wordpress, dll yang hanya membutuhkan beberapa bait kalimat aja rasanya sudah cukup. Asalkan pembaca dapat memahami maksud dari Review kalian tersebut. Tertarik bikin website review-review objek?

Seperti website jalantikus.com yang seneng banget ngereview software-software. Paragraf boleh sedikit, tapi pembaca seneng ngeliatnya. Karena ada keseruan tertentu saat melihat konten Review.


4. Keyword Disisipkan di Seluruh Konten

Kita lanjut ke tips seo selanjutnya, yaitu Keyword yang disisipkan di seluruh konten. Nah maksud dari tips ini sederhana.  Jadi kalau keyword kalian sudah fix “Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya”, silahkan sebarkan dan ulangi penulisan Keyword ini di seluruh paragraf. Mulai dari awal artikel hingga ke akhir artikel kalian harus tulis kembali keyword tersebut.

Berapa kali harus disisipkan keywordnya? Kira-kira hingga 3 atau 7 kali pengulangan, tergantung jumlah total kalimat yang kalian tulis secara keseluruhan.

Nah kalau bisa, kalian mengetikan keyword ini dengan smooth transition. Dalam artian kalain menulis keyword tersebut didalam sebuah kalimat. Misalkan

Pilihan Kalimat 1 : Yuk kita lihat cara menghilangkan jerawat dan bekasnya di bawah ini :

Pemilihan Kalimat 2 : Semoga artikel cara menghilangkan jerawat dan bekasnya ini bermanfaat untuk kalian!

Penggunaan Kalimat 3 : Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya ini harus dilakukan rutin untuk hasil maksimal.


5. Keyword Disisipkan di ALT-TAG Image

Kedengaran familiar? Betul banget, ini merupakan salah satu teknik SEO favorit. Menginput keyword kedalam Image melalui metode ALT-TAG Image. Nah bagi pengguna wordpress, kalian tidak perlu khawatir karena melakukan hal ini sangatlah mudah. Yang perlu kalian lakukan, tinggal klik gambar media, lalu di bagian ALT TEXT tinggal diinput aja keywordnya.

9 Tips SEO Halaman Pertama Google Yasir252


6. Keyword Disisipkan di URL

Sama halnya dengan Image ALT Tag, URL yang kalian terbitkan pada konten harus memiliki keyword yang disisipkan. Untuk mengetahui cara mengubah URL dan menyisipkan keyword baca tutorial saya sebelumnya Tips Seo Merubah Struktur URL Permalink WordPress

Nah bagi pengguna selain wordpress, tentunya fitur ini juga disediakan di CMS kalian. Misalnya Joomla, Blogger dan Custom CMS. Kalau tidak ada fitur ini, kalian bisa gunain Plugin SEO khusus yang memiliki fitur untuk mengatur URL. Memang bukan rahasia lagi kalau untuk tampil di halaman pertama google, struktur URL menjadi salah satu faktor penting.


7. Internal Link

Internal link disini artinya kita menyisipkan URL website kita pribadi namun berbeda konten. Misalnya di poin nomor 6 diatas, dimana saya mereferensikan  Tips Seo Merubah Struktur URL Permalink WordPress untuk kalian baca. Nah hal ini dinamakan Internal Link.

Kegunaan internal link cukup banyak. Mulai dari mengurangi Bounce Rate, membuat konten semakin menjadi Rich Content, dan memungkinkan Visitor menemukan apa yang sebenarnya mereka cari. Namun tentunya, internal link yang kalian pasang harus relevan dengan konten yang di publish.


8. External Link

Sama halnya dengan internal link, yaitu menyisipkan URL. Untuk External link, kalian diharuskan menyisipkan URL ke luar website pribadi. Misalkan kalian mereferensikan URL Microsoft atau Apple. Sudah merupakan rahasia umum bahwa google senang dengan konten yang memiliki reference out yang banyak.

Jadi semakin banyak kalian mereferensikan link ke luar website, maka google akan mengetahui bahwa kalian benar-benar serius saat membuat konten.


9. Penulisan Keyword di H1 H2 (Header Title)

Teknik ini sebetulnya sangat lazim digunakan meskipun kalian belum sadar dengan SEO. Yaitu menggunakan title Heading, dan secara sengaja menyisipkan keyword. Cara untuk membuat heading H1 H2 H3 H4 H5 H6 sangatlah mudah untuk CMS besar seperti WordPress, Blogger dan Joomla.

Kalian cukup masuk ke text editor, lalu di bagian Tools Editor ganti pilihannya dari Paragraph menjadi Heading 1 atau Heading 2.

Namun perlu diingat, google lebih senang apabila kalian memiliki Heading yang berurutan. Jadi Heading 1 dipaling atas, lalu dibawah bawahnya adalah Heading 2, dan dibawahnya lanjut adalah Heading 3. Artikel yang sekarang sedang kalian baca menerapkan teknik Heading.

Untuk penyisipan keyword, kalian cukup pilih salah satu heading. Lalu menuliskan Keyword didalamnya.

9 Tips SEO Website Halaman Pertama Google Yasir252


10. Menggunakan Plugin SEO (Optional)

Kalian malas melakukan semua hal diatas secara manual? atau tidak tau apakah kondisi konten kalian sudah SEO Proven atau belum? Nah kalain bisa gunakan Plugin SEO untuk mengetahui hal ini. Untuk wordpress saya merekomendasikan YOAST SEO Plugin.

 

Kurang lebih itulah 9 Tips Seo agar website kalian tampil di halaman pertama google. Sekaligu saya informasikan, untuk bisa muncul di halaman pertama google memang bukanlah sebuah hal yang mudah. Kuncinya adalah belajar dan riset. Semakin sering kalian lakukan, semakin sering kalian membuat konten, maka secara otomatis kalian akan semakin paham metode SEO yang terbaik. Berikutnya saya akan coba membahas tentang Tips SEO Off page, yaitu SEO yang tidak dilakukan di dalam konten. Stay tuned aja ya!

 

Tinggalkan Komentar