Cara mengatasi error 502 badgateway website wordpress

Cara Mengatasi Error 502 Bad Gateway Website WordPress

Error 502 Bad Gateway menandakan bahwa browser atau server tidak bisa mendapatkan koneksi valid ke web server. Masalah ini bisa terjadi di platform apapun, baik itu wordpress, jomla, html dan bahkan blogger. Namun biasanya, masalah ini terjadi ketika kita menggunakan sistem proxy terhadap web server. Misalnya, menggunakan CDN seperti cloudflare atau keycdn, dan bisa juga karena kalian melakukan proxy request dari Nginx ke Apache, juga bisa sebaliknya.

Namun sebelum kita memperbaiki masalah error ini, ada baiknya jika terlebih dahulu backup database website

Beberapa bacaan error 502 :

  • “502 Bad Gateway”
  • “HTTP Error 502 – Bad Gateway”
  • “502 Service Temporarily Overloaded”
  • “Error 502”
  • “502 Proxy Error”
  • “HTTP 502”
  • “502 Bad Gateway NGINX”

Penyebab Error 502 Bad Gateway

Berikut adalah beberapa penyebab utama terjadinya error bad gateway

  1. Domain Name Gagal Resolve : Biasanya terjadi kalau kamu lupa merubah nameserver ketika sedang migrasi hosting.
  2. CDN Gagal Resolve ke Server : Kalian mungkin lupa merubah nameserver domain untuk mengarah ke server CDN (cloudflare, keycdn, dll)
  3. Server Utama Down : Bisa jadi server tempat menyimpan file web sedang offline, coba cek menggunakan downforeveryoneorjustme.com.
  4. Firewall Blocks Request : Cek settingan firewall windows, mungkin ngeblok website atau IP Address yang bersangkutan
  5. Browser Cache Refresh : Bisa jadi cache browser masih nyangkut, monggo di clear cache browsernya

Cara Memperbaiki Error 502 Bad Gateway

Cara memperbaiki error 502 bad gateway website wordpress

1. Refresh Halaman Website

Coba lakukan refresh halaman website dengan menekan tombol F5 pada keyboard. Kemudian, silakan tunggu hingga beberapa menit ke depan. Bisa jadi masalah bad gateway disebabkan oleh server yang sedang overload. Apalagi kalau kamu menggunakan cloud hosting atau shared hosting.

2. Hapus Cache Browser

Menghapus cache browser adalah cara lain untuk mengatasi masalah tersebut. Cara ini perlu Anda lakukan guna memastikan error yang muncul bukan berasal dari halaman error yang tersimpan pada browser Anda.

3. Masalah pada DNS

Penyebab lain dari error 502 Bad Gateway adalah masalah pada DNS, misalnya domain tidak mengarah ke alamat IP yang benar. Kesalahan kerap terjadi ketika Anda memindahkan website. Oleh karena itu, Anda perlu menunggu hingga 24 jam ke depan untuk menyelesaikannya. Anda juga dapat melakukan flush DNS.

  • Buka Command Prompt Windows, Run as administrator
  • Ketik “ipconfig /flushdn”

4. Tanya ke Admin Penyedia Hosting

Masalah ini biasanya lebih sering dialami oleh pengguna shared hosting, dimana terdapat script yang akan menghentikan request dari query website Anda. Hal ini dilakukan guna mencegah server down dan berimbas ke pengguna lainnya dengan server yang sama. Saya sarankan untuk beralih ke VPS atau personal hosting.

5. Cek Plugin dan Template

Plugin atau template yang kalian gunakan, bisa menjadi sumber permasalahan error bad gateway. Script maupun query dari website Anda dapat saja dihentikan oleh sistem server karena adanya script pada WordPress yang bermasalah. Nah, sumber permasalahan tersebut kerap ditemukan pada plugin atau template yang Anda instal. Usahakan untuk tidak menggunakan plugin gratisan yang di download dari sumber tidak terpercaya!

6. Matikan CDN Sementara

Mungkin sedang terjadi masalah pada koneksi server utama dengan CDN yang digunakan. Coba di cek ke customer support penyedia CDN. Jika memang ditemukan masalah yang cukup serius, matikan dulu CDNnya ya.

7. Menggunakan DNS Eksternal

Cara merubah dns komputer untuk memperbaiki error 502 bad gateway

Jika kalian adalah visitor website, coba rubah DNS dengan DNS google atau lainnya. Caranya tinggal masuk ke network > adapter settings > klik kanan, properties > masuk ke setting IPv4 > Masukkan custom DNS dengan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 atau bisa juga dengan 4.2.2.1 dan 4.2.2.6.

 

Tinggalkan Komentar