Penyebab WIFI Lemot browsing internet di chrome dan firefox

Penyebab WIFI Lemot Browsing Internet di Chrome, Firefox

Terkadang, internet lemot menjadi alasan utama untuk kalian pergi keluar rumah dan bergaul dengan sahabat. Namun dilain waktu, internet lemot menjadi satu hal yang dapat menghambat seluruh pekerjaan kalian. Terlebih lagi jika kalian bekerja di dunia digital, tentunya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Berikut ini, kita akan membahas penyebab wifi lemot dan gimana cara mengatasi koneksi internet lambat.  Khusus untuk koneksi jaringan internet di komputer atau laptop. Tutorial ini juga mungkin bisa membantu kalian mengatasi masalah google chrome lemot saat browsing internet atau browser lain seperti firefox dan opera. Sedangkan untuk Android dan iOS kita akan membahasnya di tutorial selanjutnya.

Cek Kecepatan Internet dan Bandingkan dengan Paket Internet

Cara mempercepat internet lemot speedtest

Berapa kecepatan internet yang kalian gunakan? Jika kalian menggunakan provider terkenal seperti Indihome, First Media, MNC Play, Bizznet atau My Republic seharusnya kecepatan paling minimal itu adalah 5 mbps. Yang berarti, akan sangat cepat untuk sekdar browsing dan streaming youtube 720p. Sekarang tugas kalian adalah melakukan speedtest untuk mengukur kecepatan internet.

  1. Kunjungi website www.speedtest.net
  2. Tekan GO untuk mulai ngetest
  3. Lihat hasil dan bandingkan

Pada saat melakukan test speed, pastikan tidak ada komputer lain atau hp yang sedang menggunakan internet. Ohiya, tolong diperhatikan, tutorial ini bukan membahas cara mempercepat internet atau cara mempercepat koneksi internet. Tapi pembahasan khusus untuk mengatasi penyebab wifi lemot dan masalah koneksi internet lambat yang tidak wajar.

Melakukan Reset WINSOCK TCP/IP (WIFI Network Adapter Reset)

Proses ini juga dikenal sebagai winsock reset, atau comms reinstall. Dengan melakukan metode ini, kalian bisa menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi ketika browsing di internet. Termasuk mengatasi penyebab wifi lemot ketika browsing internet dengan browser seperti google chrome atau mozilla firefox. Kita ambil contoh aja, misalkan kecepatan internet kalian normal, namun anehnya, browsing website apapun lemot banget.

Biasanya masalah ini terjadi ketika kalian sering menggunakan VPN, DNS atau Proxy. Nah ini bisa jadi solusinya. Coba simak cara reset winsock tcp ip berikut ini :

  1. Pergi ke search windows, ketik CMD
  2. Klik kanan command prompt, run as administrator
    Reset winsock mengatasi koneksi intenret lemot
  3. Pada tampilan selanjutnya, kalian ketik perintah : netsh winsock reset
  4. Nanti akan muncul tapilan winsock reset completed successfully.
    Cara mengatasi jaringan lemot windows 10
  5. Restart komputer untuk merasakan perubahannya.

Metode winsock reset ini dapat kalian gunakan di versi windows 10, windows 8 dan windows 7. Tekniknya sama saja, yang penting jangan lupa untuk run as administrator.

Mungkin Ada Firewall Antivirus Membatasi Kecepatan Internet WIFI

Sudah reset winsock tapi engga ada pengaruhnya? Mungkin firewall dan antivirus yang memperlambat koneksi kalian ketika sedang browsing suatu website. Untuk mengatasi hal ini, coba cek jenis antivirus yang digunakan. Jika kalian melihat ada tulis web protection atau browsing protection, saya sarankan untuk dimatikan aja. Sedangkan untuk antivirus gratis, saya sarankan menggunakan salahs satu dari yang saya posting pada artikel antivirus gratis terbaik ini.

Mungkin Komputer Terjangkit Virus, Malware atau Adware

Ini yang paling berbahaya. Virus, Malware dan Adware sudah dipastikan bisa menjadi salah satu penyebab koneksi internet menjadi lelet, lemot, letoy atau lesu. Nah untuk mengatasi ini sebetulnya cara terbaiknya adalah melakukan install ulang windows > memasang antivirus > melakukan scanning full sistem. Tapi untuk kalian yang malas melakukan ini, bisa coba menggunakan aplikasi seperti malwarebytes atau ADWCleaner yang tutorialnya sudah pernah saya buat disini.

Coba Menggunakan atau Matikan DNS Server

Firewall bukan, antivirus bukan, virus juga bukan. Mungkin penyebab wifi lemot ada di DNS provider kalian. Terkadang kalau ada maslaha pada DNS, kecepatan browsing kalian menggunakan wifi akan sangat lambat. Nah solusinya untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan DNS publik seperti DNS google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau DNS Level 3 (4.2.2.1 dan 4.2.2.6). Untuk cara mengganti DNS sendiri sangat mudah :

  1. Buka Control Panel
  2. Masuk ke Network and Internet
  3. Klik icon Network and Sharing Center
  4. Disebelah kiri, pilih menu Change Adapter Settings
  5. Nah klik kanan icon network adapter yang sedang digunakan. Misalnya Wi-Fi
  6. Pilih properties > Double klik Internet Protocol Version 4
  7. Lalau Use the following DNS server addresses
  8. Input DNS google atau level 3

Jika ternyata kalian telah menggunakan DNS yang aneh, coba catat DNS tersebut, lalu hapus semuanya. Siapa tau DNS abal-abal itu yang bikin wifi jadi lemot. Ohiya, terkadang dengan menggunakan DNS bisa mempercepat koneksi internet kalian loh. Selain itu, bisa membuka akses situs yang diblokir oleh ISP.

Mungkin Ada Aplikasi Torrent Yang Aktif Seeding?

Torrent memang menjadi media bertukar informasi yang cukup populer di era canggih sekarang ini. Buat kalian yang belum mengerti mengenai torrent, silahkan baca artikel pengertian, cara kerja torrent dan fungsi torrent disini. Coba di cek di tray icon windows kalian, apakah ada aplikasi torrent yang sedang aktif melakukan seeding? Seeding itu berarti upload file.

Bisa Jadi Sinyal WIFI Kurang Kuat, Jarak Terlalu Jauh

wifi terlalu jauh jadi lemot

Mungkin ini masalah penyebab wifi lemot yang paling umum terjadi. Router Wifi memiliki jarak yang sangat terbatas. Kalian harus memperhatikan berbagai macma medan dan ukuran rumah ketika sedang menempatkan posisi router wifi. Adapun beberapa hal yang perlu kalian perhatikan antara lain :

Jarak Gadget (Komputer atau Laptop) ke Router Wifi

Usahakan kalian tidak berada terlalu jauh dari router wifi. Saya sarankan untuk berada di sekitaran 20 hingga 30 meter aja dari pusat router wifi. Akan semakin bagus kalau berjarak hanya beberapa meter. Semakin jauh jarak, semakin lemah sinyal. Maka disaat sinyal lemah, koneksi dan kecepatan akan menurun drastis.

Ketinggian Router Wifi – Makin Tinggi Makin Bagus

Letakan Router WIFI setinggi mungkin sehingga jangkaunya semakin besar. Misalnya meletak Wifi mepet dengan langit-langit plafon. Atau kalau bisa diletakan antara lantai 2 dan lantai 1 rumah, sehingga kedua lantai rumah dapat sinyal dengan kekuatan yang sama.

Dinding dan Metal Bisa Melemahkan Sinyal Wifi

Sudah pasti dinding dan bahan metal dapat membuyarkan sinyal. Saran saya, jangan letakan Router didalam sebuah ruangan yang sangat rapat. Usahakan diletakan di ruang terbuka yang paling luas dirumah kalian.

WIFI Receiver atau WIFI di Laptop Bermasalah

Hal ini adalah salah satu penyebab wifi lemot. Namun agak sulit sebenarnya untuk menmengatasi masalah ini, banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

  1. Kerusakan Software : Kalian bisa download dan upgrade driver wifi laptop terbaru di internet. Kata kuncinya search google “drive wifi laptop asus rog” atau “driver wifi receiver d-link”. Namun kalian harus memastikan lagi versi driver dan windowsnya serasi.
  2. Kerusakan Hardware : Ini yang paling sering terjadi dikalangan laptop jadul dan alat receiver wifi jadul. Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara lain, yaitu hanya memperbaikinya di service center atau toko perbaikan laptop.

Hardware Error : Modem, Router Wifi, atau Kabel Rusak

Ketika terjadi kerusakan router, modem, atau kabel, ini otomatis bakal bikin internet super lemot. Saya cuma bisa menyarankan 3 hal. Kalian konfigurasi ulang (perbaiki sendiri), minta tolong perbaiki dengan ahlinya, atau langsung di ganti aja hardwarenya. Sedangkan untuk penyebab wifi lemot karena masalah hardware, sulit untuk di pecahkan secara detail.

Hubungi Internet Service Provider (ISP) Kalian

Cara Mengatasi Wifi Lemot di Laptop

Kecepatan internet pada akhirnya akan bergantung pada penyedia layanan. Meskipun jarang terjadi, tapi mungkin aja konfigurasi pada ISP secara tidak sengaja menyebabkan koneksi internet kalian berjalan lambat. Tapi bisa aja ISP (Internet Service Provider) dengan sengaja memasang filter atau kontrol pada jaringan yang menurunkan koneksi internet kalian. Biasanya terjadi ketika quota internet telah melebihi batas penggunaan wajar.

Contoh aja Indihome yang menetapkan 300GB sebagai batas wajar penggunaan quote internet. Kalau lebih dari 300GB, otomatis speed kalian bakal drop drastis dan internet wifi menjadi sangat lemot. Jangan ragu untuk menghubungi ISP jika kalian mengalami masalah. Sedangkan untuk cara mengatasi jaringan lemot semacam ini, saya yakin tidak mungkin.


Masih bingung mengenai cara mengatasi internet lemot? Atau penyebab wifi lemot masih belum ketemu? Silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Komentar