Cara Mirror Android Display ke PC

Cara Mirror Android Display ke PC dengan Kabel dan WiFi

Ada banyak aplikasi dan cara untuk mirror android display ke PC. Ada yang membutuhkan kabel USB ada juga yang hanya membutuhkan WiFi atau koneksi internet. Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk banyak hal. Seperti presentasi dokumen dari smartphone ke layar komputer atau bahkan untuk recording game di komputer. Setelah berhasil recording kalian pastinya butuh Apps untuk edit video di android, cek daftar Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Android.

Buat kalian yang sedang mencari cara mirror android display ke pc baik itu dengan kabel maupun WiFi. Jangan khawatir, pada tutorial singkat ini kita akan membahasnya bersama. Simak langkahnya berikut ini!

Mirror Tampilan Android ke Layar PC

Kalian wajib masuk dulu ke developer mode di android. Dengan cara masuk ke settings dan tap Build model (Software info) lima kali. Untuk beberapa merk caranya agak berbeda. Coba search di google berdasarkan merk. Misalnya Developer Mode di Xiaomi, atau developer mode di samsung.

Mirror Android Display Developer Mode

1. Vysor PC

Cara tercepat untuk menampilkan layar android ke PC adalah menggunakan aplikasi Vysor. Nah bedanya dari pada yang lain, Vysor memiliki sistem setup yang sangat mudah. Kita bisa menggunakannya untuk menampilkan aplikasi, bermain games, mengambil screenshoot dan masih banyak lagi.

Namun sayang, aplikasi Vysor ini tidak gratis. Banyak fitur mirror display yang hanya bisa didapatkan pada versi berbayar. Cukup mahal pula. Ada 2 alternatif untuk menggunakan Vysor, yaitu menggunakan aplikasi resmi atau dengan Extension Vysor di Google Crome

Cara Mirror Android Screen via USB [Vysor]

  1. Download Vysor untuk Windows/ Mac / Linux / Chrome
  2. Connect device ke PC via USB
  3. Allow USB debugging prompt yang muncul di Android
  4. Buka Vysor Installer File di PC
  5. Akan muncul tampilan “Vysor has detected a device”
  6. Sekarang, tap untuk start casting
  7. Simak video tutorial dibawah ini untuk selengkapnya!

2. APowerMirror

ApowerMirror adalah aplikasi brilian lainnya yang memungkinkan kita untuk mirror Android Anda ke PC dan sebaliknya. Terlepas dari mirroring layar Android, software ini bahkan memungkinkan Anda untuk screenshot layar, merekam layar, dan mengontrol perangkat Android secara manual.

Setelah berlangganan akun VIP ApowerMirror, kita dapat mirror lebih dari tiga perangkat Android secara bersamaan. Fitur premium juga memungkinkan kita untuk mencoret-coret dan menggambar di layar. Kalian bisa download aplikasi official dari situs resmi Apowermirror. Tapi jangan khawatir

Cara Mirror Android Screen ke PC via USB [ApowerMirror]

Cara Install APowerMirror

  1. Download dan Install ApowerMirror di Windows juga di Android device.
  2. Enable USB Debugging pada developer options
  3. Connect device ke PC via USB (Allow USB debugging prompt)
  4. Buka aplikasi dan klik “START NOW” pada permission untuk capture screen

Cara Mirror Android Screen Wirelessly [ApowerMirror]

Apowermirror cara install wifi wireless

  1. Jalanin mirror app di Android device
  2. Tap pada M button yang berada di bawah aplikasi
  3. Pilih Computer Name yang ada di listing (Pastikan aplikasi di PC sudah nyala juga ya)
  4. Lalu pilih “Phone Screen Mirroring”
  5. Tap “Start Now”
  6. Simak video tutorial dibawah ini untuk selengkapnya!

Dari kedua aplikasi terbaik diatas, masih banyak apps yang memungkinkan kalian untuk streaming atau mirror layar android ke PC. Misalnya, AirDroid Apps, Wondershare MirrorGO, Teamviewer, dan masih banyak lagi. Semoga tutorial ini bermanfaat!

Leave a Response