Cara menghemat baterai iphone ipad ipod ios tanpa aplikasi

Cara Menghemat Baterai iPhone, iPad, dan iOS Tanpa Aplikasi

Hemat Baterai iPhone – Jika kalian baru saja membeli gadget iOS, entah itu iPhone, iPad atau iPod, mungkin kalian bertanya, kok baterai iphone boros banget ya? Kenapa baterai iphone cepat habis dan panas? Lantas bagaimana sih cara menghemat baterai iphone?

Nah pada kesempatan kali ini, admin mau share beberapa tips hemat baterai iphone, tanpa menggunakan aplikasi penghemat baterai. Memang banyak aplikasi yang katanya menawarkan fitur menghemat baterai, tapi buat saya, menghemat sumber daya itu bukan dengan mengoprek aplikasi. Tapi justru lebih kepada gimana cara pemakaian kita. Jika kalian tidak dapat mengatur keperluan penggunaan batre iPhone dengan secukupnya. Maka tentunya batere gadget kalian akan cepat habis.

Sekali lagi saya tegaskan, jangan gunakan aplikasi penghmeat baterai untuk iphone dan ios device lainnya. Kenapa? Bukannya membantu, malah bisa merusak batre smartphone kalian. Apalagi kalau digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Saya coba banyak apps semacam itu, dan hasilnya nihil. Palingan perbedaannya hanya lebih kuat setengah jam aja. Ok lanjut ke tipsnya.

PERTAMA : Jauhkan iPhone Dari Panas Cahaya Matahari

Apapun yang kalian lakukan, jangan tinggalkan iPhone kalian di tempat panas. Misalnya ditinggal di dalam mobil. Panas dapat memakan baterai lebih cepat dibanding faktor yang lain, dan hp kalian nantinya akan terasa lebih lama saat sedang charging dibandingkan dengan kondisi suhu dingin. Bahkan lebih parahnya, kemungkinan baterai kalian bisa drop atau bocor karena terlalu panas. Solusinya, letakan iPhone kalian ditempat bersuhu sejuk. Baik saat standby, ataupun sedang di charge.


KEDUA : Atur Brightness Layar iPhone

Menghemat Baterai iPhoneKecerahan layar maksimal jauh lebih memakan daya, dibandingkan kalian setel setengahnya . Usahakan brightness itu tetap dibawah 30 persen. Karena seperti yang saya bilang, semakin terang layar smartphone kalian, otomatis penggunaan daya akan berkali kali lipat lebih besar.

Masuk ke Settings -> Display & Brightness untuk mengatur tingkat brightness


KETIGA : Atur Waktu Penguncian Otomatis

Selain untuk menjaga keamanan iPhone kalian, ada baiknya penguncian otomatis disetel dengan tempo yang cepat. Misalnya 15 detik, atau 30 detik. Jadi pada saat iPhone tidak digunakan, secara otomatis tampilan layar akan masuk ke mode standby dan meredup.

Masuk ke Settings -> Display & Brightness untuk mengatur waktu penguncian otomatis layar iPhone kalian.


KEEMPAT : Cerdas Menggunakan Airplane Mode

Menghemat Baterai iPhoneJadi kalau Airplane Mode aktif, otomatis semua penggunaan Mobile Data dan Koneksi jaringan di iphone akan terputus. Tentunya Airplane mode akan menghemat batere kalian hingga berlipat lipat ganda. Nah, cerdas yang saya maksud disini adalah kapan kalian menentukan momen. Misalnya, saat kalian sedang mengendarai kendaraan bermotor, bukankah sebaiknya dipasang mode airplane dulu? Faktanya, 10 menit mode airplane di iphone, bisa menghemat batere kalian hingga setengah jam loh.

Cara mengaktifkannya juga gampang, tinggal masuk ke Settings -> aktifkan Airplane Mode.


KELIMA : Cerdas Menggunakan Wi-Fi

Menghemat Baterai iPhone
Jika kalian berada dalam tempat yang memungkinkan untuk menggunakan Wi-Fi, langsung aja aktifkan mode WIFI. Matikan paket data mobile. Karena mobile data itu membutuhkan sumber daya yang lebih besar ketika mencari sinyal dan menentukan (switching) dari 3G atau 4G dan sebaliknya.


KEENAM : Matikan Notifikasi Aplikasi

Menghemat Baterai iPhoneKalian butuh banget notifikasi yang engga penting dari aplikasi?Biasanya notifikasi kaya apps Online Shopping gitu, saya rasa engga perlu. Oleh karena itu matikan notifikasi dari aplikasi yang engga kalian butuhkan guna menghemat pemakaian baterai iPhone kalian.

Masuk ke Settings -> Notifications untuk mengatur notifikasi dari aplikasi.


KETUJUH : Kurangi Vibrate dan Sound Volume

Menghemat Baterai iPhone
Cara menghemat baterai iphone selanjutnya ini sebetulnya sepele banget. Tapi tau gak kalian kalau mode getar itu memakan resource baterai yang sangat besar? Saya sarankan untuk segera matikan mode bergetar sekarang juga, jika kalian butuh durabilitas batre yang lebih tahan lama. Selain itu, biasakan menggunakan volume audio yang tidak berlebihan. Kalau perlu gunakan headset atau earphone aja, karena terbukti hanya memerlukan power yang lebih kecil.


KEDELAPAN : Matikan layanan lokasi / Location Services

Menghemat Baterai iPhone
Pernah merasa baterai panas dan boros ketika menggunakan aplikasi petunjuk arah seperti Google Maps? Ya wajar aja sih, soalnya iPhone bekerja keras untuk mencari sinyal dan lokasi sehingga memakan baterai bisa dibilang cukup boros. Saya sangat engga menyarankan kalian menggunakan applikasi petunjuk arah di iPhone. Untuk alternatifnya, saya sarankan kalian menggunakan Android atau iPad yang memiliki kapasitas daya lebih besar.

Selain itu, kalian harus perhatikan juga bahwa ada applikasi yang memaksa untuk bisa mengakses lokasi gps. Contoh gambar diatas ada aplikasi bukalapak, Akulaku dan kalender. Itu mode share locationnya di turn off aja. Biar engga memberatkan smartphone kalian.


Aktifkan Low Power Mode – Khusus iOS 11.3 Keatas

Hemat baterai iphone dengan low power mode ios 11

Ada fitur terbaru dari apple buat kalian yang mencari cara menghemat baterai iphone. Fitur ini bernama Low Power Mode, masih dalam tahap pengembangan. Saya sih sudah coba, tapi saya menemukan masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Soalnya, aplikasi banyak yang jadi error di mode ini. Tapi layak buat di coba sobs.

  • Untuk mengaktifkan Low Power Mode, buka Settings > Battery.
  • Atau, Buka Settings > Control Center > Customize Controls, pilih Low Power Mode

Ketika Low Power Mode aktif, iPhone kalian akan bertahan lebih lama. Setidaknya sampai kalian menemukan sumber listrik untuk ngecharge. Namun fitur ini belum sepenuhnya berhasil, karena masih dalam tahap pengembangan oleh tim development Apple. Fitur ini bisa membuat beberapa fitur iphone tidak berfungsi.

Selengkapnya : Fitur Terbaru iOS 11.3 Untuk Cek Batere iPhone


Tips Menghemat Baterai iPhone Lainnya

Selain semua tips diatas, beberapa hal yang bisa kalian lakukan adalah dengan mematikan segala yang tidak perlu atau tidak sedang digunakan seperti Bluetooth, Personal Hotspot, dan lain sebagainya. Selain itu, usahakan untuk menggunakan Wallpaper yang Flat (tidak terlalu banyak warna). Kurangi icon apps yang bertebaran di halaman utama menu dengan cara memasukannya kedalam Folder.

Sekian beberapa cara menghemat baterai iPhone, iPad, iPod dan iOs. Semoga kalian bisa semakin smart, dan tidak begitu saja terpengaruh dengan apps yang memberikan embel embel menghemat baterai. Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan Komentar