Apa itu Google Play Service? Pengertian dan Fungsi Google Play Services di Android

Apa itu Google Play Services di Android? Pengertian dan Fungsi

Sering banget kalau ada error aplikasi atau games di android, pasti hubungannya dengan Google Play Services. Namun apa sih ini sebetulnya? Kenapa harus ada di Android, dan keliatannya penting banget? Pada kesempatan kali ini, kita akan coba bahas secara tuntas mengenai pengertian dan fungsi google play services.

Download Google Play Services di Android Gratis – PlayStore

Kenapa Harus Aplikasi Google Play Services?

Aplikasi google play services ini bukan seperti apps pada umumnya. Kalau kalian coba jalankan, pasti gak akan muncul apa apa alias kosong. Namun, anehnya program ini secara default sudah terinstall di semua device android. Bahkan, terkadang ini program minta Update secara berkala, terus muncul juga notifikasi Need Permission for Access dan masih banyak lagi. Namun perlu kalian tau bahwa aplikasi ini memang khusus dirancang oleh google untuk menangani berbagai macam penggunaan google apps pada device android.

Singkatnya, Google Play Service ini berfungsi untuk mengontrol kendali aplikasi google lainnya.

Google Play Services di Android

Google Play Services adalah kumpulan API (coba baca pengertian API disini) yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai macam tugas antara apps google lainnya dengan sistem android. Namun tetap aja, sejak awal android dilaunching hingga sekarang ini masih banyak misteri yang belum terbeberkan mengenai GP Service.

Fungsi dari Google Play Services di Android

Kalian masih ingat jaman dulu sekitar tahun 2005 an? Betul banget, semua pengguna android pada saat itu merasa kesulitan untuk melakukan update apps dari google. Kita ambil contoh aja Google Maps. Dulu sebelum ada Google Play Services, untuk mengupdate google maps, kalian harus mengupdate sistem Android.

Bayangin aja, gadget model terbaru kalian di jaman itu sudah gak support versi google maps yang terinstall  secara default, terus kalau mau update google maps gak bisa karena harus nungguin updatean sistem Android. Pastinya menyebalkan. Masalah tersebut pada saat itu terjadi karena pada dasarnya, google maps itu terhubung dengan server google. Maka sangat mustahil untuk mengontrol update google maps tanpa memperbaharui sistem API yang ada di android.

Cara Kerja Google Play Services di Android

Nah beda dengan sekarang, kalian dapat memperbarui Google Maps secara otomatis melalui sistem API dari apps google play service. Sehingga, sekecil apapun ada pembaharuan di google server, semua aplikasi google akan secara otomatis dapat berfungsi di smartphone kalian. Tanpa harus lagi menunggu updatean sistem Android.

Jadi secara singkatnya, dengan Google Play Service, kalian bisa menikmati segala udpate terbaru dari Google Apps yang terhubung ke server google.

Semenjak rilisnya Android 9.0 (Lollipop dan selanjutnya ke Marshmellow) aplikasi google play services sudah menjadi ekosistem vital dalam sebuah mesin android.

Cara Disable Google Play Services di Android?

Memang aplikasi ini memakan resource daya yang cukup tinggi, karena selalu terhubung dengan server google. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena admin melihat banyak banget perubahan yang terjadi belakangan ini. Dibandingkan dulu, sekarang apps ini sudah lebih ramah batere dan minim resource.

Cara Disable Google Play Services

Kalau kalian lihat gambar diatas, untuk menonaktifkan google play services sangatlah mudah. Namun saya sangat tidak menyarankan untuk dimatikan.

Kesimpulan dan Cara Update Google Play Services di Android

Untuk beberapa device android terbaru tahun 2017 dan 2018, fitur google play services akan secara otomatis memperbaharui update. Namun buat pengguna device model lama, kalian bisa cari aplikasi ini di Google Play Store, atau bisa cek beberapa resource lain di internet untuk melakukan update. Simak video berikut ini :

 

Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa memberikan kalian sedikit pencerahan. Jika kalian memiliki pertanyaan silahkan tuliskan din kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar