Pengertian APK Android Fungsi dan Cara Kerja Yasir252

Pengertian APK File Android dan Fungsinya

Jika kalian memiliki Android device, kalian pastinya pernah mendengar kata APK. Kalian mungkin pernah bertanya file apa itu sebenarnya ya kan? Oke pada kesempatan kali ini admin mau membahas dengan sangat singkat apa itu APK File Android dan apa sebenarnya fungsi APK Android. Mari kita diskusikan bersama dibawah.

Apa itu APK File? Pengertian APK

APK adalah kepanjangan dari Android Package Kit (bisa juga Android Application Package). Jenis file itu adalah sebuah format yang digunakan oleh Android untuk melakukan distribusi penginstallan sebuah Aplikasi Android. Didalam APK file tersimpan kumpulan elemen yang dibutuhkan oleh android untuk menginstall sebuah aplikasi atau game, tentunya agar dapat berjalan dengan sempurna didalam gadget Android kalian.

Kita misalkan saja kalau di Windows itukan ada file format .exe untuk melakukan installasi. Maka sama halnya dengan APK File di Android kalian yang digunakan untuk melakukan installasi program! Mungkin bagi kalian yang jarang bertemu dengan File APK ini tidak lain dikarenakan pada saat kalian menginstall applikasi android melalui Google Playstore, maka secara otomatis, file APK yang telah di download akan di extract dan diinstall langsung oleh sistem smartphone kalian tanpa meninggalkan bekas file aslinya. Padahal nyatanya, di Google Playstore pun, apa yang kalian download itu adalah file berformat APK.

Nah sedangkan bagi kalian yang senang mendownload File APK dari luar Google Playstore, maka proses kalian itu dinamakan APK Sideloading.

Apa itu APK File Android

Apa itu APK Sideloading?

Sebenarnya ini bukanlah sebuah fitur, tapi ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan menggunakan metode ini. Misal kalian ingin download game atau applikasi bukan di Google Playstore, namun secara manual lewat website penyedia APK tersebut. Maka nanti kalian tinggal download dan bisa diinstall secara manual menggunakan file APK itu.

Tetapi, metode ini sangatlah tidak aman, kalian diharuskan berhati-hati ketika mendownload file APK dari developer yang tidak terpecaya. Karena besar kemungkinan developer tersebut menyisipkan suatu kode jahat yang bisa merugikan kalian.

Jadi kesimpulannya, APK File adalah format eksekusi dan distribusi program untuk Android. File format APK ini sangat kecil dari segi ukurannya dan memiliki kestabilan paket yang sangat baik untuk melakukan installasi.


Nah selesai deh, kalian sudah paham mengenai APK android? Apa kalian pernah melakukan metode Sideloading untuk menginstall sebuah applikasi? Harap berhati-hati tuh ya, jangan keseringan download aplikasi, game atau program bajakan ya! Apalagi kalau tempat downloadnya itu situs yang tidak terpercaya. Lebih baik gunakan segala aplikasi atau game yang ada di dalam google playstore. Hal ini diharuskan untuk selalu menjaga device kalian agar aman dari ancaman program berbahaya. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Komentar