Pengertian API key application programming interface

Pengertian API – Application Programming Interface

Pengertian API – merupakan singkatan dari application programming interface. Sistem API inilah yang nanti akan memungkinkan dua atau lebih aplikasi berbeda untuk dapat bekomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Kalau kalian pernah menggunakan facebook, maka semua aplikasi luar yang dapat terhubung dengan akun, fanpage, atau game facebook itu semua menggunakan API Key. Sama halnya ketika kalian menekan tombol share to facebook atau tweet this post, nah itu juga membutuhkan API. Begitu pula kalau kalian menekan tombol LIKE Fanpage Facebook di website, nah itu pun juga sama.

Itu baru tentang facebook, bagaimana dengan pertemuan aplikasi lintas sistem operasi? Misalnya kalian menggunakan aplikasi teamviewer, kalian buka di komputer windows, lalu mencoba untuk remote control sebuah macbook yang menggunakan sistem operasi macosx. Ternyata kedua aplikasi tersebut dapat terhubung dengan baik. Nah hal itu hanya mungkin terjadi karena adanya sistem Application Programming Interface.

Sebelum lanjut, coba kita lihat video grafis mengenai penjelasan api oleh MuleSoft

API memungkinkan para developer untuk menghemat waktu mereka. Karena nyatanya, berbagai resource besar seperti facebook, twitter, google, twitter telah membangun sistem API mereka sendiri. Nah maka dengan itu, developer yang sedang mengembangkan aplikasi berbasis mobile atau semacamnya, tidak perlu lagi membangun API mereka sendiri. Cukup menggunakan sistem yang telah disediakan, maka program mereka akan berjalan dengan sempurna. Tentunya ini membantu mengurangi jumlah koding yang perlu dibuat, dan juga membantu para developer menciptakan lebih banyak konsistensi di seluruh aplikasi untuk platform yang sama, bahkan lintas platform.

API Dapat Mengontrol Akses Hardware dan Software

Siapa sangka, API juga ternyata dapat digunakan untuk mengontrol akses ke perangkat keras dan juga perangkat lunak suatu platform. Misalkan, kalian sedangkan bermain game di android. Pernah ga kalian melihat sebuah notifikasi, dimana game itu meminta akses ke kamera smartphone? (Pokemon GO) atau meminta akses untuk melihat posisi gps kalian, bisa juga meminta akses kontak telepon, gallery, dan bahkan bisa mengetaui sisa persentase batere dan sisa jumlah storage di smartphone kalian.

Sistem API yang dibuat oleh Google kepada Android, memungkinkan developer untuk mengakses hal itu semua. Tapi disinilah peran developer terpercaya diperlukan. Jika kalian dengan seenaknya memberikan akses kepada developer yang bandel, suka mengumpulkan data orang untuk di jual, maka kalian harus lebih berhati-hati ketika menggunakan aplikasi dari developer curang itu. Karena bisa jadi, data kalian seperti kontak, merk smartphone, foto foto, lokasi bisa di lacak oleh developer jahat tersebut.

Kita bahkan sering dengar berita tentang game Pokemon GO, yang katanya dijadikan alat untuk mengintai rumah orang oleh sekelompok oknum. Luar buasa kan peranan API ini di android? Ini baru android, masih banyak lagi contohnya.

Application Programming Interface API Game Android Pokemon
Pokemon Go meminta akses Kamera Android

 

Pengertian API Key dan Pengertian API Secret

Sebetulnya API key dan API secret itu fungsinya sama, yaitu untuk autentikasi. Keduanya adalah sebuah kode unik yang berguna untuk memberikan akses login dan menyambungkan kode dari developer satu ke developer kedua. Pada umumnya website perusahaan perusahaan besar menyediakan API-KEY dan Secret, supaya pengguna bisa lebih mudah menggunakan berbagai fitur yang ada di website mereka dengan tingkat keamanan yang tinggi. Misalnya, google, facebook,twitter dan instagram. Singkatnya, pengertian api key dan pengertian api secret adalah sebuah password rahasia untuk menghubungkan platform yang satu dengan lainnya. Kalau API Key itu password pertama, maka API Secret adalah password kedua yang di rancang jauh lebih rumit.

Pengertian API Secret dan API Key

Keuntungan Menggunakan API

  • Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  • Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.

Apa itu System Call Interface yang ada di API?

Pengertian API sering kali di kaitkan dengan system call interface. System ini memang berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang sebetulnya hanya ada di sistem operasi. System call interface pada API berfungsi untuk menerjemahkan perintah yang dilakukan oleh user, lalu system ini akan memanggil system calls yang diperlukan.

Misalkan, untuk membuka suatu file pada suatu platform (Misalnya, pengguna android ingin membuka file yang ada di windows), maka tentunya user harus menggunakan aplikasi khusus yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API (Penghubung android dengan sistem windows). Nantinya perintah dari user tersebut diterjemahkan dulu oleh program API dan akan menjadi perintah open() yang dimengerti oleh sistem. Perintah open() ini sebetulnya merupakan perintah dari API dan bukan perintah yang dapat langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi. Jadi kurang lebih sistem inilah yang berfungsi sebagai penerjemah antar platform, antar aplikasi dan antar sistem operasi.

Beberapa Contoh Google API yang disediakan gratis

Google menyediakan berbagai Application Programming Interface yang sangat berguna bagi pengembang web maupun aplikasi desktop untuk dapat menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh Google seperti misalnya: AdSense, Search Engine, Translation, Maps maupun YouTube. Ada banyak API yang disediakan oleh Google secara gratis, saya list beberapa diantaranya yang populer :

  1. Language API: untuk memanfaatkan fitur translation yang dimiliki Google.
  2. Earth API: memanfatkan fitur yang ada pada Google Earth
  3. Javascript API Google
  4. Maps API: memanfaatkan fitur yang ada pada Google Maps
  5. Search API: memanfaatkan fitur pencarian pada Google Search
  6. Visualization API: membuat grafik maupun chart dengan Google API
  7. YouTube API: memanfaatkan fitur yang ada pada YouTube misalnya untuk pencarian video

Untuk selengkapnya kalian bisa cek halaman berikut ini untuk melihat beberapa contoh lainnya yang disediakan oleh google.

Bagaimana Cara Mendapatkan API Key dan API Secret dari Institusi besar?

Contoh API Google

Biasanya, lembaga besar seperti google, twitter, facebook sudah memberikan halaman khusus bagi seorang developer. Biasanya halaman itu dibuatkan khusus terpisah dari website aslinya. Contoh misalkan developer google, facebook, twitter ada di halaman tersebut. Nah sama halnya dengan provider lainnya seperti Zomato. Juga menyediakan akses API website Zomato mereka kepada developer pada sebuah halaman developer khusus. Kalian bisa menggunakan google untuk search Misalnya “Facebook API” atau “Zomato API”

Biasanya, kalian diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Lalu mengisi beberapa formulir untuk pendataan, barulah setelah itu kalian bisa memanfatkaan berbagai fitur mereka dengan sistem API secara gratis.

 

Tinggalkan Komentar