Cara Install Android Studio dan SDK

Tutorial Cara Install Android Studio dan SDK Tools di Windows

Android SDK (Software Development Kit) adalah kumpulan powerful tool yang sangat essesial untuk pengembangan aplikasi Android di komputer. SDK ini memiliki jutaan fungsi untuk membuat aplikasi Android. Salah satu fungsi utamanya adalah menggunakan command line untuk melakukan sideload apps ke Android.

Sebelum bisa mulai mengembangkan aplikasi Android, ada beberapa langkah yang harus di lakukan. Kita harus menginstall Java, SDK Command Line, Konfigurasi SDK, lalu terakhir install Android Studio di komputer. Android Studio inilah yang nanti menjadi program antar muka developer dengan aplikasinya.

Aplikasi Android Studio
Tampilan Android Studio

Install Java Versi Paling Terbaru

Java adalah tools yang paling penting sebagai fondasi utama untuk membangun aplikasi Android. Silahkan download dan install Java versi terbaru sebagai berikut :

  1. Masuk ke “Situs Resmi Java” dan klik sistem operasi yang digunakan (misalnya : Windows 11)Cara Install Android SDK Download Java
  2. Pilih salah satu link Download dari ke 3 alternatif diatas.
  3. Lanjut, install Java seperti biasa di komputer anda.
  4. Semua tools Java akan terinstall otomatis di C:\Program Files\Java\jdk-18.0.1.1 << Nomor versi ini bisa berubah tergantung yang anda install

Cara Install Android SDK Command Lines

Kenapa harus SDK Command Lines, bukan Android Studio aja? Android Studio adalah platform GUI (Graphics User Interface) yang sangat kompleks. Sedangkan SDK Command Lines ini memiliki fungsi yang sama, namun hanya berbasis perintah CLI. Developer yang hanya membutuhkan perintah sederhana untuk mengelola softwarenya, maka SDK Command Lines ini adalah pilihan yang lebih sederhana.

  1. Download Android Studio Command Line Tools Only
  2. SDK Tools ini akan di download ke PC sebagai file .zipCara Install Android SDK Command Lines Tools
  3. Ekstrak file zip tersebut. Anda akan melihat “cmdline-tools” di dalam folder yang diekstrak
  4. Masuk ke drive C: lalu buat folder baru, “Android”
  5. Di dalam folder Android, buat folder baru “cmdline-tools”
  6. Masuk ke folder “cmdline-tools” ini, buatlah folder “tools”
  7. Terakhir, pindahkan isi file yang telah diekstrak ke folder “Tools”

Konfigurasi Android SDK Command Line

  1. Jalankan Command Prompt as Administrator
  2. Lanjut, ketik cd ke bin folder
    cd C:\Android\cmdline-tools\tools\bin
  3. Ketik perintah dibawah untuk melihat semua fungsi command lines sdkCara Install Android SDK Command Lines
    sdkmanager --list
  4. Untuk menginstall platform tools, ketik perintah berikut:
    sdkmanager "platform-tools" "platforms;android-33"
  5. Setelah instalasi, Anda akan menemukan folder “platform-tools” baru di dalam folder “Android”. Di dalam folder ini terdapat adb.exe, fastboot.exe dan beberapa executable lainnya.

“SDKmanager Is Not Recognized As Command” Gimana?

Biasanya, masalah ini terjadi ketika anda melakukan kesalahan saat melakukan installasi SDK Lines. Coba ulangi lagi langkah diatas, dan pastikan komputer anda dalam keadaan tidak ada yang membatasi akses user. Jadi harus full akses administrator ya!

Cara Install Android Studio di Windows

Jika Anda ingin menggunakan semua fitur modern, dan elemen UI, maka install Android Studio. Jangan install command lines!

  1. Download Android Studio
  2. Installer nanti akan menawarkan untuk menginstal fitur tambahan “Android Virtual Device”, sebuah simulasi Android untuk menguji aplikasi anda. Konfirmasikan apakah Anda ingin menginstal fitur ini. (sebaiknya di-install).Cara Install SDK Android Studio
  3. Lanjut, klik next & install
  4. Saat selesai, jalankan Android Studio >> Tekan OK dan “Do Not Import Settings” untuk pengguna baru
  5. Jika Anda membutuhkan Java, buka direktori Java yang tadi di install. Direktori tersebut adalah “C:\Program Files\Java\jdk-18.0.1.1”
  6. Pilih tema gelap atau terang, lalu pilih komponen tambahan yang ingin diinstall. Saya sarankan untuk mencentang kotak “Performance” untuk meningkatkan emulasi Android berdasarkan prosesor kalian.Cara Install Android Studio SDK Komponen
  7. Setelah Android Studio terinstal sepenuhnya klik “Create New Project”
  8. Untuk mengubah konfigurasi SDK Manager. Klik “More Options” dan pilih SDK dari drop-down. Cara Install Android SDK Terbaru

Dimana Folder Android SDK Terinstall?

Secara default, lokasi penyimpanan Android SDK yang sudah di install ada di folder ini :

C:\Users\username\AppData\Local\Android\Sdk.

Tapi kalian bisa secara manual mengubahnya pada saat installasi. Pilih folder yang mudah diingat, karena folder ini akan lumayan sering di kalian gunakan pada saat pengembangan aplikasi.

Bagaimana Cara Memperbaiki “SDK tools directory is missing” Error?

Pada saat menemukan masalah “SDK tools directory is missing” saat memulai Android Studio di Windows. Untuk memperbaikinya, Anda harus membuka SDK Manager, deselect ‘Hide obsolete packages’ di pojok kanan bawah, dan selanjutnya, instal folder Android SDK Tools. Folder baru dengan nama itu akan ditempatkan di direktori yang sama dengan file Android Studio utama.

Leave a Response