Cara Membuat Shortcode Linebreak WordPress Yasir252

Membuat Shortcode Line Break (br) di WordPress

Kalian pengguna wordpress yang suka berantem sama line break antar paragraph? Bahkan mungkin kalian juga suka berantem sama wordpress editor ketika ingin mengatur jarak antara sebuah gambar dengan paragraf selanjutnya.

Buat pengguna wordpress lama, pastinya kalian paham kalau fitur Line Break atau spasi antar paragraf di wordpress memang memiliki banyak kesulitan yang bisa dibilang cukup aneh. Kenapa aneh? karena cuma di wordpress content editor yang tidak memiliki fitur line break yang baik. Contoh saja blogger dan joomla, saya sudah pernah menggunakan kedua cms tersebut dan memang content editor mereka sangat bagus dan well optimized, tidak seperti wordpress.

Meskipun sebenarnya untuk wordpress kita bisa menambahkan kode line break di text editor dengan <br /> tag . Namun terkadang suka terjadi kendala aneh, yaitu ketika kita kembali ke visual editor, maka tag br yang tadi kita buat bisa menghilang atau bahkan tidak dianggap sama sekali.

Pusing kan? Jika kalian pernah menemukan masalah ini, yuk kita coba cari tau cara untuk mengatasinya dengan membuat shortcode untuk kode tag br tersebut.

Line Break Shortcode untuk WordPress

Shortcode pertamakali di kenalkan pada WordPress versi 2.5. Shortcode itu sendiri banyak digunakan oleh plugin dan theme, karena dengan adanya shortcode, pengguna bisa menambahkan konten atau kode mereka sendiri kedalam WordPress dengan sebuah kode singkat yang sangat mudah.

Shortcode sendiri biasanya berisikan fungsi khusus yang sering kita gunakan pada WordPress kita, sehingga kita tidak perlu mengulang-ulang proses nya setiap kali kita membutuhkan nya. Shortcode API memungkinkan Anda membuat shortcode Anda sendiri pada file functions.php theme Anda.

Sekarang kita ingin fungsi tag <br> berfungsi di dalam visual editor tanpa harus masuk ke text editor. Maka caranya sangat mudah, cukup input kode dibawah ini kedalam file functions.php di folder tema yang sedang kamu gunakan. (root > wp-content > themes > nama tema > functions.php)

Menggunakan Shortcode Line Breaks di Dalam Visual Editor

Dengan kode yang telah ditambahkan ke file functions.php, kamu sekarang dapat menyisipkan kode pendek di mana pun Anda ingin menambahkan tag line break.

Contoh :

Tampilan hasilnya :

Membuat 1 Line Breaks Menggunakan Tombol Shift

Oke, jika kalian agak malas untuk mengetik shortcode [br] ketika hanya ingin membuat 1 line break, maka solusinya adalah kalian tinggal menekan tombol SHIFT + ENTER. Secara otomatis shortcut shift enter tersebut akan membuatkan anda satu line break baru (bukan membuka paragraph baru loh ya).

Tapi sayangnya fungsi shortcut ini hanya bekerja untuk satu line break saja. Kalo kalian paksa untuk SHIFT + ENTER sebanyak 2x atau lebih. Tetap saja wordpress akan menganggap itu sebagai satu line break. Ngeselin banget ya?

 

Membuat Line Break Besar Menggunakan Kode Margin

Jika suatu waktu kalian ingin sebuah space antar paragraf yang sangat besar, kalian bisa masukkan kode CSS ke pos melalui Text Editor di sudut kanan atas.

Cara Membuat Shortcode Line Break WordPress Yasir252

Caranya cukup mudah, cari paragraf yang ingin dibuatkan space besar. Lalu kalian cek kata pertama di paragraf tersebut.

rubah tambahkan <p style=”margin-bottom: 100px;”>. Lihat contoh dibawah ini :

 

Cara Membuat Shortcode Linebreak WordPress Yasir252

Merubah Jarak Antar Baris Pada Paragraf

  1. Pergi ke dashboard > Appearance > Customize
  2. di Customize pilih menu Aditional CSS
  3. Tambahkan kode dibawah ini
    1
    2
    3
    4
    .post p {
    line-height: 1.5em;
    padding-bottom: 15px;
    }

Cara Merubah Jarak Antar Baris Paragraf WordPress Yasir252

 

Oke sekian tutorial wordpress kita untuk hari ini. Mudah-mudah bermanfaat dan bisa membantu kalian meredam emosi ketika berantem sama line break wordpress. 😀

Tinggalkan Komentar