Cara Disable Attachment WordPress Yasir252

Cara Disable Media Image Attachment di WordPress

Beberapa hari yang lalu saya memiliki masalah dengan wordpress. Ketika itu, saya sedang melakukan pencarian di google dengan kata kunci “Cara Format Flashdisk di Windows”. Lalu di pencarian Google saya melihat bahwa Google juga mengindeks halaman attachment media image saya. Nampaknya, memang hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi wordpress untuk membuatkan sebuah halaman khusus untuk media image attachment sehingga google pun mulai mengindeksnya.

Namun yang saya kesal, URL yang terindeks tersebut isinya hanya sebuah halaman kosong dengan satu gambar aja, padahal bukankah lebih baik jika isinya adalah halaman post utama yang berisikan konten utuh ya kan? Jadi visitor kan juga bisa melihat isi konten secara penuh.

Baca Juga : Cara Merubah Struktur URL WordPress

Saya telah banyak menggunakan plugin pengalihan URL yang berbeda dengan harapan URL yang telah terindeks itu akan redirect ke halaman post utamanya, tetapi tidak ada plugin yang berfungsi.

Cara Disable Media Image Attachment WordPress

Cara Redirect Media Image Attachment WordPress

Cara untuk melakukan redirect url attachment ke url post utama sangatlah mudah. Kalian cukup masuk ke FTP website > pergi ke wp-content > themes > pilih tema yang kalian gunakan > lalu buka dan edit file functions.php. Kalian tinggal tambahkan kode fungsi dibawah ini kedalam functions.php :

Jika kalian perhatikan, kode hanya akan redirect ketika is_attachment () url terbuka. Ini berarti, kode tersebut akan mengalihkan semua jenis lampiran ke pada url post utama yang berisikan konten aslinya. Sangat mudah kan? Jadi url attachment kalian yang sudah terlanjur di indeks google bisa menghasilkan visitor yang lebih baik, karena membaca konten.

Baca Juga : Cara Menambahkan Breadcrumbs di WordPress

Cara Disable Attachment WordPress

Cara kedua cukup sadis, yaitu mematikan total halaman attachment di wordpress. Memang pada dasarnya, mungkin ada sebagian web developer yang tidak suka dengan tampilan url attachment dan dengan sengaja untuk menonaktifkanya. Buat kalian yang masuk ke dalam kategori developer itu, mungkin bisa input kode dibawah ini :

  1. Buat sebuah file baru di dalam folder themes bernama image.php
  2. Insert code dibawah ini dalam file baru image.php

Sekarang ketika Anda me-refresh halaman lampiran gambar Anda, secara otomatis akan mengarahkan ke posting asli di mana gambar itu diunggah atau jika diunggah langsung di perpustakaan media itu akan mengarahkan ulang ke homepage situs Anda. Itu adalah cara disable attachment wordpress secara total. Sangat mudah? Kalau kalian memiliki solusi lainnya, silahkan post di kolom komentar!

 

 

Tinggalkan Komentar