Tips Membangun Komputer Server Terbaik

Tips Membangun Komputer Server Terbaik

Kali ini kita akan membahas langkah, cara dan tips untuk membangun komputer server terbaik. Tentunya komputer server terbaik yang tahan lama, awet dan panjang umur. Mulai dari Pemilihan Hardware, Maintenance, dan Pembaharuan. Jika kalian adalah seorang praktisi jaringan, kalian pastinya memerlukan server. Nah apa aja yang perlu diperhatikan dalam memilih dan membuat pc server?

Pemilihan Hardware Komputer Server

Jika ingin komputer server awet hingga enam, tujuh, atau mungkin bahkan delapan tahun. Kalian tentu engga boleh ragu ragu terhadap kualitas barang, apalagi sampai membeli barang dengan kualitas rendah. Berikut beberapa hardware yang harus kalian gunakan untuk server.

  1. Serial-attached SCSI hard drives atau SSD Drive : SATA drives memang memiliki kecepatan dan reliabilitas tinggi, tapi saya tetap lebih memilih harddisk SCSI. Karena faktanya, SCSI harddisk itu memang di design untuk environment server. Dimana tentunya akan banyak user yang mengakses ke hardisk sekaligus. Performa SCSI sangat baik dan harganya pun jauh lebih murah. Lain halnya dengan SSD yang menawarkan kecepatan dan reliabilitas yang jauh sangat tinggi, namun dengan harga yang sangat mahal.
  2. Hardware RAID controller:
    RAID bisa dibilang adalah pertolongan terakhir kalian ketika terjadi kehancuran data. Pastikan komputer server yang kalian bangun itu telah memiliki sistem Hardware RAID controller.
  3. Minimal Memory 12GB:
    Sebenarnya minimal memori itu tergantung kebutuhan ya. Tapi saya sebagai praktisi server selalu memastikan bahwa memori komputer saya 12GB minimal. Sama halnya dengan server website yasir252 ini. Tapi kalau kebutuhan kalian hanya website personal, hanya dengan RAM 2 GB pun kuat kok.
  4. Xeon processors:
    Hal sepele namun perlu diperhatikan, prosesor! XEON prosesor adalah produk yang di design khusus untuk menangani SERVER! Jadi secara performa dan durabilitas, jelas Xeon akan lebih kuat dan tahan lama.Tips Membuat PC Server Terbaik Yasir252
  5. Garansi 3 Tahun :
    Pastikan semua komponen hardware yang kalian beli memiliki Garansi minimal 3 Tahun ya.
  6. DVD-ROM, USB PORT, Gigabit network cards :
    Sudah jelas, untuk keperluan recovery, repair, dll jika terjadi problem secara fisik.
  7. UPS Berkualitas :
    Server professional semuanya terhubung ke UPS berkualitas dengan rating beban dan runtime yang sesuai. UPS dikonfigurasi untuk mematikan server secara otomatis, dan dalam setiap kasus, UPS akan mati sendiri juga. Merk yang berkualitas? Banyak di internet. UPS yang cenderung mahal adalah di design khusus untuk server atau komputer yang non stop.
  8. Graphics Card? Bebas…. bebas….

Maintenance Komputer Server

  1. Pastikan Setiap Hari/Minggu/Bulan Sistem Backup Berjalan
    Kalian tentunya akan sering sering melakukan perubahan sistem di komputer server, maka dari itu pastikan bahwa Sistem Backup Otomatis telah berjalan dengan sempurna.
  2. Perhatikan Disk Usage (Storage).
    Ini hal yang sangat fatal! Jangan sampai server kalian storage harddisknya penuh atau menyentuh 90%. Karena jika harddisk atau ssd server penuh, akibatnya, server kalian akan crash dan berhenti disaat itu juga.
  3. Monitor RAID FAILURE Alarms.
    Seperti yang saya bilang diatas, semua server harus menggunakan RAID. Namun RAID tentu memiliki kelemahan, yaitu RAID FAILURE. Karenanya, kalian harus memantau status RAID di server secara berkala. Satu saja terjadi RAID FAILURE atau kegagalan disk akan menyebabkan kegagalan sistem total. Saya memperkirakan bahwa RAID FAILURE terjadi dalam sekitar 1% server per tahun. Satu persen mungkin tampak kecil, namun kegagalan server akan mengakibatkan kalian harus melakukan penggantian drive yang membutuhkan waktu berjam jam atau bahkan berhari hari.
  4. Update Sistem Operasi.
    Pembaruan untuk sistem Linux sangat rutin dilakukan oleh developernya. Windows Server pun juga begitu, banyak sekali update yang terjadi dalam tiap bulannya. Intinya, update OS kalian! Jangan gunakan OS versi lama bertahun tahun. Misal, saya selalu update OS Linux server saya setiap tahun sekali.
  5. Update your Control Panel.
    If you are using a hosting or server control panel, be sure to update it as well. Sometimes this means updating not only the control panel itself, but also software it controls. For example, with WHM/cPanel, you must manually update PHP versions to fix known issues. Simply updating the control panel does not also update the underlying Apache and PHP versions used by your OS.
  6. Check application updates.
    Ini lumayan penting, gunakan selalu aplikasi web yang terpercaya dan update selalu aplikasi tersebut. Misalnya WordPress, PHP, Java, dll
  7. Check Status Hardware
    Status hardware itu meliputi Overheat (panas), disk read errors, network failures, Hardware Failure. Meskipun semua hal itu jarang terjadi, namun tetap harus di perhatikan.
  8. Check server utilization.
    Catat dan perhatikan penggunaan CPU, RAM, DISK pada server. Jika terjadi lonjakan yang sangat parah, besar kemungkinan server kalian terkena serangan SPAM, MALWARE, HIJACKING, HACKER dan lain lainnya.
  9. Review user accounts & Password.
    Pastikan hanya kalian yang memiliki akses ke server dan pastinya lakukan perubah password setiap 6-12 bulan sekali.
  10. Gunakan Plugin Security Hkalianl
    Plugin security premium untuk server sangat banyak beredar diluar sana, misalkan Nessus, Mcafee Server, Firewall dan lainnya.

Tips Memabangun Komputer Server Terbaik Yasir252

Pembaharuan Hardware

Jangan tunggu sampai hardware pc server rusak!

Anggap saja sekarang kalian sudah mahir dalam dunia server dan telah menjalankan seluruh tips diatas diluar kepala kalian. Langkah terakhir adalah mengupayakan cara agar komputer server yang kalian kelola semakin baik dan semakin tinggi performanya. Pastinya dengan menambah Hardware yang diperlukan seperti Memori, CPU, Disk. Kalian bisa upgrade hardware tersebut meskipun belum membutuhkannya. Jangan kalian tunggu hardware itu sampai rusak dulu baru di ganti! Segeralah diperbaharui jika sudah memiliki modal yang cukup.

Sekian tips singkat membangun komputer server terbaik ini! Jika kalian memiliki masukkan, tambahan atau kritik, silahkan ketik di kolom komentar dibawah ini ya.

Tinggalkan Komentar