Cara Mengatasi Penyebab Laptop Mati Sendiri Karena Panas

Mengatasi Penyebab Laptop Mati Sendiri Karena Panas

Memang laptop belakangan ini menjadi trend gadget portabel paling kuat dan ampuh dikalangan antusias IT. Hal itu di tandai dengan terjadinya peningkatan tajam spesifikasi hardware yang terintegrasi didalamnya secara umum. Namun secara paralel, hal tersebut nampaknya semakin membuat perangkat high end belakangan mengalami banyak masalah.

Mulai dari output panas yang semakin gila, kurangnya support driver terbaru yang harus diupdate, semakin mahalnya harga yang harus ditebus ketika hardware mengalami kerusakan. Kebayangkan berapa harga yang harus ditebus?

Ancaman terbesar untuk gadget kalian, selain dari tumpahnya air dan kopi, adalah masalah panas. Kenapa laptop cepat panas? Banyak faktor yang sebetulnya bisaterjadi. Masalah panas dapat disebabkan oleh kegagalan perangkat keras atau biasanya karena kotor. Masalah tersebut akan diawali dengan laptop mati sendiri atau tiba tiba mati ketika sedang digunakan.

Apakah masalah tersebut hanya berasal dari panas? Okeoke, mari coba kita bahas apa kaitannya panas dengan penyebab laptop mati sendiri :

Kenapa Laptop Cepat Panas?

Pertanyaannya, bagaimana kita tahu kalau suhu gadget kita sangat panas? Lantas kenapa laptop cepat panas, padahal ruangan sudah dingin dengan ac?

Jika kalian merasakan ada panas yang cukup cetar membahana, memang belum tentu hal itu adalah penyebab dari overheating. Overheating sendiri adalah panas pada gadget yang dapat menyebabkan kegagalan hardware, dan kejadian ini sangat perlu kita kontrol dan serta waspadai.

Kenapa laptop cepat panas

Tetapi jika panas yang dimaksud menurut kalian masih wajar, mungkin itu hanyalah output heating paska proses yang terjadi didalam hardware kalian, bukanlah suatu hal yang berbahaya.

Ada tanda yang pasti terjadi ketika gadget kalian mengalami panas yang extreme (overheat). Misalnya, kalian bisa mendengar suara kipas (cooler) selalu berjalan dengan kecepatan maksimal. Mungkin juga kalian akan merasakan penurunan kinerja yang sangat signifikan, alias sistem terasa menjadi lambat!

Hal itu terjadi karena CPU secara otomatis memotong kecepatan clocknya untuk mengurangi tekanan panas. Selain itu, sering terjadi kegagalan software dan terkadang sistem operasi juga suka failure. Misalnya windows kalian tiba tiba blue screen, dsb.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas & Penyebab Laptop Mati Sendiri

Ada beberapa kiat dan cara untuk mengatasi panas pada gadget. Mari kita ikuti langkah-langkahnya satu persatu :

  1. Download Software REALTEMP untuk melakukan analisa temperature laptop.

    Pastikan suhu laptop kalian tidak lebih dari 80 derajat celcius, jika iya, maka kalian bersiap untuk masuk ke tahap selanjutnya. Namun jika suhu cenderung aman, berarti laptop tidak bisa nyala atau suka mati mendadak, bukanlah karena temperatur yang panas. Kemungkinan lainnya bisa jadi karena : Baterai Bocor, Windows Bermasalah, Harddisk Corrupt, Motherboard Rusak, RAM rusak, VGA Trouble, LCD Error (Padahal layarnya yang mati, tapi kadang suka dikira gadgetnya yang mati) wkwk, Serangan Virus, Charger Tidak Sesuai Voltasenya.

    Mengatasi laptop tidak bisa nyala dengan software
      Realtemp 3.70 | File Size : 311 KB
  2. Bisa jadi laptop tidak bisa nyala atau mati sendiri karena kotor

    Laptop tidak bisa nyala karena banyak debu

    Di cek jika ada kipas kotor, kemungkinan itu adalah masalahnya. Perhatikan juga jika ada kabel fan yang tidak terhubung, sehingga menyebabkan fan tidak berfungsi (engga muter)

  3. Memberikan celah di bagian bawah casing dengan karet atau cooling pad

    Laptop Mati Sendiri Yasir252

    Pendingin atau cooling pad sebenernya dimaksudkan untuk memberikan pendinginan tambahan. Namun, kadang kalau kalian beli pendingin yang tidak pas dengan model gadget kalian, apa ngaruhnya coba? Maka sebelum kalian ingin membeli cooliong pad, perlu dipahami dulu aliran udara masuk dan keluar dari sistem ventilasi gadget kalian.

  4. Harus di Permukaan Datar, Jangan di atas kasur!

    Sebenarnya ini adalah hal sepele. Kalau kalian tau, hampir semua laptop itu punya sistem sirkulasi udara di bagian bawah casingnya. Emang ada juga sih yang posisi sirkulasinya di samping atau dibelakang. Tapi bukankah lebih baik jika bagian bawah body gadget itu memiliki celah udara yang setidaknya bisa mengurangi panas body bagian bawah? Hmm.. make sense.

  5. Kok gak ngaruh ya? Alternatif cara mengatasi laptop cepat panas terakhir

    Tolong dibaca lagi ya langkah di nomor satu. Berarti penyebab laptop tidak bisa nyala atau suka mati sendiri bukanlah berasal dari panas. Tapi dari beberapa kemungkinan lain. Cara memperbaikinya agak beragam, nanti akan saya susulkan tutorialnya di artikel selanjutnya.

 

Sekian tutorial singkat kita kali ini! Semoga bisa membantu kalian menemukan masalah panas yang berujung laptop tidak bisa nyala. Jika kalian memiliki solusi lainnya tentang penyebab laptop mati sendiri, silahkan post di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar