pengertian server dan client

Pengertian Server Dan Client Lengkap

Pengertian Server dan Client – Dalam jaringan komputer, terdapat dua unsur yang saling berhubungan yaitu server dan client. Dari kedua unsur tersebut masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Pada artikel ini saya akan membahas pengertian, fungsi, paradigma, dan contoh. Berikut artikel tentang pengertian server dan client :

Pengertian Server

pengertian server dan client lengkap

Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan berbagai macam jenis layanan tertentu (seperti sharing file, printer, dan device shareable lain) yang ditujukan untuk client yang terhubung dalam suatu jaringan komputer. Server dilengkapi dengan sistem operasi khusus untuk mengatur dan memonitor akses serta sumber daya yang tedapat di dalamnya, juga didukung oleh prosesor yang bersifat scalable serta RAM yang berkapasitas besar.

Fungsi Server Pada Umumnya

Server memiliki fungsi yang berbeda dengan client, server merupakan pemimpin dari semua client. Memiliki otoritas penuh dan hak akses kepada client untuk diberi kebebasan dan batasan. Secara umum berikut fungsi server :

  • Menerima dan memproses permintaan basisdata atau layanan oleh client
  • Memeriksa autorisasi perizinan client untuk terhubung ke server
  • Menyediakan berbagai macam resource untuk dapat digunakan client dalam jaringan (contoh : printer)
  • Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data
  • Menyimpan berbagai file dan data untuk dapat diakses bersama menggunakan protokol FTP
  • Mengatur autorisasi dan hak akses terhadap client
  • Memberikan perlindungan untuk komputer klien dengan memasang firewall dan anti-malware

Paradigma Server

Server yaitu yang menyediakan macam layanan yang diminta oleh client, server memiliki hak mengatur dan memproses permintaan tersebut. Tidak semua permintaan client diproses oleh server, dikarenakan keamanan dan keterbatasan server dalam layanan. Contoh yaitu web server mengirimkan sebuah halaman web, mail server mengirimkan e-mail, satu printer bisa dipakai semua client, file yang dapat diakses bersama-sama, dan lain-lain

Pengertian Client

pengertian server dan client fungsi

Client adalah komputer yang terdapat dalam jaringan komputer yang dapat menggunakan berbagai macam sumber daya yang telah disediakan oleh server berdasarkan otoritas oleh server. Istilah lainnya yaitu client adalah pemakai layanan server. Pada prinsipnya server dan client merupakan suatu sistem yang merupakan aplikasi pada jaringan komputer yang saling terhubung. Biasanya dalam suatu jaringan, banyak client hanya memiliki satu server.

Fungsi Client Pada Umumnya

Client memiliki fungsi yang berbeda dengan server, karena client lebih diketahui sebagai peminta dan server sebagai pelayan. Client dapat meminta layanan kepada server untuk diproses. Secara umum berikut fungsi-fungsi client :

  • Mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server
  • Menggunakan layanan hardware maupun software yang disediakan oleh server.
  • Memproses aplikasi, dalam pemrosesan aplikasi, client server inilah yang berperan didalamnya
  • Menyediakan akses basisdata secara bersamaan, menerima dan memeriksa sintaks input dari pengguna
  • Menjalankan sebuah program secara maksimal karena tidak terganggu dengan tugas lainnya
  • Menjadi sistem keamanan administrasi bagi perusahaan atau instansi pemerintah lainnya

Paradigma Client

Mengawali hubungan dengan server, dan dapat meminta layanan dari server. Selama permintaan client dapat dipenuhi oleh server, server harus memproses apa yang diminta oleh client diluar keterbatasan sang server. Contoh yaitu client mengakses file yang terdapat pada server, menggunakan printer yang ada pada server, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang pengertian server dan client. Masih luas wawasan tentang server dan client dari segi jenis dan cara mereka terhubung. Hal tersebut akan saya bahas di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga : Sistem Keamanan Komputer

1 Comment
Leave a Response