Apa itu jailbreak? Pengertian dan kelebihan

Apa itu Jailbreak? Pengertian Jailbreak iOS (iPhone, iPad)

Apa itu Jailbreak? – Tujuan utama dari jailbreak adalah memaksimalkan kemampuan device iOS dari batasan Apple, dengan kata lain,teknik ini memungkinkan perangkat iOS kalian (iPhone dan iPad) memiliki kebebasan yang lebih. Jailbreaking berarti “merusak penjara”, cocok untuk menggambarkan iOS yang kaku dan penuh batasan.

Pernah mencoba atau mencari tema untuk iPhone? Engga bakalan bisa, kecuali kalian jailbreak iphone atau ipad terlebih dahulu. Jailbreak pada perangkat iOS memungkinkan pengguna melakukan tweaks seperti memasang tema dan aplikasi unik. Proses jailbreak sebenarnya cuma menambahkan sebuah aplikasi bernama Cydia.

Lewat Cydia inilah, pemaksimalan pada perangkat iOS bisa kalian lakukan dengan memasang themes, tweak, atau aplikasi yang mempunyai fungsi-fungsi unik.

Baca Juga : 10 Situs Cydia Repository Terbaik

Apa Kelebihan Jailbreak iOS, iPhone, iPad?

Kembali lagi ke definisi apa itu jailbreak, salah satu kelebihan jailbreak adalah bisa menambahkan banyak fitur baru ke iPhone dan iPad kalian. Dimana pada aslinya, kalian tidak akan bisa menggunakan fitur tertentu di iOS karena para developer tidak memiliki akses penuh terhadap sistem. Salah satu fitur terlarang itu adalah merubah tema di iphone, lihat contoh gambar berikut :

apa itu jailbreak ios

Selain itu, ada beberapa fitur terlarang lainnya seperti Dark Mode (merubah perangkat menjadi mode hitam), Coloring (mengubah warna tema), Home Screen Indicator (merubah/menghilangkan indikator baterai, sinyal, wifi, dll), dan masih banyak lagi yang dapat kalian lakukan dengan melakukan jailbreak.

Lantas Apa Kekurangan Jailbreak iPhone, iPad, iOS?

Apa itu jailbreak di iphone ipad

Saya tidak dapat memastikan apakah jailbreaking itu berbahaya atau tidak, tetapi yang pasti itu cukup berisiko. Kenapa? Karena aplikasi yang diterapkan pada sistem jailbreak cenderung memiliki beberapa masalah seperti kurangnya tingkat stabilitas, pemakaian baterai berlebih, performa melambat, dan reboot tanpa sebab pada perangkat.  Namun bukan berarti semua aplikasi jailbreaking dari cydia itu bermasalah semua loh ya. Hanya sebagian kecil aja.

Baca Juga : Cara Install Cydia di iPhone, iPad dan iPod

Ada lagi beberapa resiko fatal yang mungkin harus kalian hadapi adalah bahaya program jahat seperti malware, virus, spyware, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sangat wajar jika teknik jailbroken ini membuat iOS menjadi tidak aman dan rentan terhadap serangan.

Apakah Melakukan Jailbreak Itu Ilegal?

Apakah jailbreak itu legal atau ilegal? Tentu kalian tidak akan dipenjara karena melakukan teknik ini, tetapi di mata Apple hal tersebut termasuk tindakan ilegal. Meskipun begitu, bagi Apple kalian melakukan perbuatan yang melanggar banyak ketentuan (user agreement). Artinya melakuakn teknik ini akan menghilangkan garansi dan jaminan.

Haruskah Kita Jailbreak Perangkat iOS (iPhone atau iPad)?

Pertanyaan yang satu ini, hanya kalian yang bisa menjawab. Apakah kalian ingin oprek iphone kalian layaknya rooting di Android? Atau hanya ingin menggunakannya dengan aman?

Kalau saya sih lebih suka iphone yang sudah di jailbreak, karena kita akan lebih bebas memodifikasi perangkat iOS kita sesuai keinginan. Tetapi tetap memperhatikan resiko nya lho, jangan sembarangan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat. Bagi yang lebih memilih untuk tidak melakukan teknik ini, silakan saja karena ini bukan keharusan. Bosan dengan tampilan yang itu itu aja? Selama fungsi utama iOS masih bisa bekerja dengan baik, apa salahnya untuk coba?

Nah bagaimana menurut kalian? Kalo kalian lebih suka menggunakan iPhone atau iPad dengan aman atau lebih suka jailbreak iOS? Demikian artikel singkat tentang apa itu jailbreak. Share pengalaman kalian dikomentar yah, jika ada yang ingin ditanyakan juga silakan. Secepatnya admin akan membalas. Akhir kata terima kasih.

Tinggalkan Komentar