Pengertian Torrent Cara Kerja Torrent Yasir252

Pengertian Torrent, Cara Kerja, Kelebihan Kekurangan Torrent

Singkat cerita, banyak diantara user di internet itu menggunakan torrent client untuk kebutuhan digitalnya sehari-hari. Namun ternyata banyak pula diantara mereka yang tidak paham cara kerja dan konsep torrent sesungguhnya. Tapi itu tidak masalah karena kita akan membahas secara tuntas apa itu torrent? pengertian torrent secara global, konsep torrent dan cara kerja torrent.

Pengertian Torrent : Bittorrent atau biasa dikenal dengan torrent, adalah sebuah media alternatif yang digunakan untuk upload dan download file berukuran besar melalui internet. Yang anda perlukan untuk memanfaatkan teknologi torrent ini adalah dengan sebuah “Client Torrent” seperti Utorrent atau Bittorrent, lalu men-download file torrent dari website seperti kickasstorrent atau piratebay, dll.

Teknologi ini bisa dibilang sudah populer di seluruh dunia, dan ratusan juta pengguna internet memiliki sebuah aplikasi client torrent yang berjalan di komputer atau perangkat mobile mereka yang nanti dapat memberi mereka akses ke berbagai macam film, acara TV, permainan dan sejumlah data melalui torrent. Namun, apakah Anda tau tentang cara kerja torrent?

Pengertian Torrent Cara Kerja Torrent Yasir252

Apa itu Torrent?

Dalam sistem distribusi file BitTorrent, File Torrent (sering disebut Torrent saja) adalah file komputer yang berisi metadata tentang file dan folder yang akan didistribusikan, dan biasanya juga berisi daftar lokasi jaringan Tracker.

Tracker merupakan komputer server (bisa terdiri dari satu atau banyak komputer server) yang membantu para peserta/pengguna dalam sistem untuk saling menemukan satu sama lain dan membentuk grup distribusi efisien yang disebut Swarm.

Sebuah File Torrent berekstensi .torrent, contoh NamaFile.torrent. File Torrent tidak mengandung konten yang akan didistribusikan, tapi hanya berisi informasi tentang file yang akan didistribusikan, seperti nama, ukuran, struktur folder, dan nilai-nilai hash kriptografi untuk memverifikasi integritas File.

Cara kerja Torrent

BitTorrent dimulai dengan membagi sebuah file besar menjadi potongan-potongan kecil dalam bentuk metadata. Lalu seseorang akan mulai men-share file tersebut dengan mengupload file torrent itu atau istilah initialnya adalah SEEDER! Seeder ini akan mengirim potongan-potongan kecil file tersebut ke peers yg tersedia pada swarm.

Protokol BitTorrent yang sangat aktif dalam distribusi file tersebut akan memastikan SEEDER hanya mengirim potongan unik kepada semua orang yang melakukan download.

Sehingga kelanjutannya, potongan2 unik itu bisa saling bertukar dengan setiap orang tanpa harus membebankan SEEDER kembali untuk mengirim potongan yang sama seperti apa yang telah dijelaskan pada pengertian torrent diatas.

Cara Menggunakan Torrent

Untuk men-download sebuah file seperti video, games, data, software menggunakan BitTorrent, Anda harus mencari dan men-download File Torrent yang disediakan oleh pemilik file, kemudian membukanya dengan BitTorrent Client Anda.

BitTorrent Client merupakan Program yang mengatur proses download BitTorrent, berikut BitTorrent Client yang cukup populer:

  • uTorrent : Untuk pengguna Windows/Mac
  • BitTorrent : Untuk pengguna Windows/Mac
  • Transmission : Untuk pengguna Mac
  • Vuze atau KTorrent : Untuk pengguna Windows, Mac dan Linux

Perbedaan Torrent Dengan Download Biasa

Pernahkah anda coba untuk mendownload sebuah file besar dari suatu website dan hal tersebut memakan waktu hingga berhari-hari untuk dapat selesai, dikarenakan server file tersebut sangat lambat. Terlebih lagi ketika banyak orang yang juga mendownload file tersebut diwaktu yang sama. Inilah yang menjadi pembeda antara download yang biasa dengan mendownload menggunakan torrent.
Bila download yang biasa melalui server tertentu, anda akan mendownload file dari satu server dan satu komputer pengirim saja. Namun dengan menggunakan Bittorrent anda mampu mendownload file dari berbagai sumber diseluruh internet, selama komputer tersebut memiliki SEED file yang anda perlukan.
Kecepatan download Bittorrent justru akan semakin cepat bila semakin banyak orang yang terlibat dalam jaringan SEED tersebut.
Cara Kerja Torrent Grafis Yasir252

Istilah Penting dalam Torrent

Torrent File
adalah sebuah file berisikan metadata atau informasi mengenai data pada torrent. Biasanya berisi nama file, hash file, ukuran file, url tracker, dan informasi lainnya yang diperlukan untuk memberitahu klien BitTorrent. File ini biasanya memiliki ekstensi .torrent.

Seed/Seeder
orang yang telah memiliki file/data lengkap dari sebuah file torrent. Kategori seeder ini adalah orang yang membuat torrent awal ataupun orang-orang yang telah selesai men-download sebuah file dan secara otomatis meng-upload-nya untuk dibagikan kepada pengguna lain yang baru mulai mendownload.

Leech/ Leecher
orang yang baru saja men-download sebuah file torrent dan sama sekali tidak memiliki sebagian ataupun keseluruhan dari sebuah file.

A-hit-and-runner
Seorang leecher yang telah berhasil mendownload seluruh file dari sebuah file torrent, namun tidak melakukan seed file tersebut sampai rasio mereka mencapai 1.0.

Swarm
Secara sederhana bisa disebut sebagai “ekosistem”, keseluruhan peers atau user yang sedang terkoneksi men-download sebuah file.

Apa itu “Ratio”?
Perbandingan antara jumlah upload dan download disebut: Rasio. Bit Torrent adalah sebuah protokol berbagi, jadi tentu saja, berbagi menjadi suatu keharusan. Sistem rasio ini digunakan untuk memantau jumlah pengiriman dan penerimaan yang dilakukan. Ration yang baik antara Seeder (upload) dan Leecher (download) adalah 10:1. Misalkan Seeder 100 orang, maka Leecher 10 orang.

Kelebihan dan Kekurangan Torrent

Kelebihannya:

  1. Bisa di-resume kapanpun.
  2. Aplikasi clientnya gratis
  3. Kecepatan Download Maksimal Apabila Seedersnya banyak
  4. Download apapun lebih leluasa

Kekurangannya:

  1. Jika seedernya 0, file tidak bisa di-download lagi.
  2. Jika banyak leecher, download menjadi sangat lambat.
  3. Kadang-kadang berisi virus (kurang aman) atau file palsu
  4. Memakan ruang Penyimpanan ukuran keseluruhan File yg didownload meskipun belum selesai di download

Jadi, sebelum mendownload file torrent, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu pahami dulu pengertian torrent, jika sudah paham maka kalian akan mengerti tentang rasio jumlah seeder dan leecher, semakin banyak jumlah seeder maka akan lebih baik. Anda juga harus lebih berhati-hati karena file Torrent terkadang mengandung virus atau file palsu yang nantinya akan membuang waktu dan quota anda dengan sia sia.

Tinggalkan Komentar