Jenis Windows 10 Semua Versi

Semua Jenis Versi Windows 10 Beserta Fungsinya

Microsoft mungkin pernah menyatakan bahwa Windows 10 adalah versi final dari windows, namun hal tersebut ternyata tidaklah sesimpel itu. Dalam 2 tahun setelah dirilis, setidaknya muncul 13 jenis Windows 10 lainnya yang tersedia dipasaran. Meskipun pada intinya ke sepuluh macam itu memiliki sistem yang sama, tapi pada kenyataannya terdapat banyak perbedaan fungsi atau fitur. Dimana fungsi tersebut hanya dibutuhkan oleh sebagian kalangan atau kelompok tertentu.

Dari semua jenis Windows 10, users biasanya hanya mengenal versi Home, Pro dan Enterprise saja. Hal itu lumrah karena ketiga versi Windows 10 tersebut merupakan produk unggulan dan paling populer di dunia. Oleh sebab itu mari kita lihat macam macam Windows 10 untuk semua versinya.

Wajib Baca Juga : Semua Nama Versi Mac OSX

Fungsi dan Perbedaan Jenis Windows 10

  1. Windows 10 Home
    Model windows 10 yang paling standard dan diperuntukan bagi pengguna rumahan biasa
  2. Windows 10 Pro
    Jenis windows 10 satu ini sebenarnya sama seperti Home, hanya saja memiliki beberapa fitur tambahan dan kinerja yang disesuaikan untuk pekerjaan atau bisnis kecil dirumahan.
  3. Windows 10 Enterprise
    Hanya tersedia jika kalian membeli dalam jumlah besar, atau untuk perusahaan. Fiturnya sama saja dengan yang Pro. Hanya label brandnya aja diganti jadi enterprise, membedakan untuk perusahaan yang sudah legal.
  4. Windows 10 Enterprise LTSC (Long-Term Servicing Channel)
    Merupakan jenis OS korporasi yang dirilis setiap 2 to 3 years. Memiliki dukungan penuh dari pihak Microsoft dalam jangka waktu panjang.
  5. Windows 10 S
    Versi windows ini  hanya memberikan akses untuk install aplikasi dari windows store
  6. Windows 10 Education
    Mirip dengan enterprise, hanya saja jenis ini hanya bisa dibeli oleh lembaga pendidikan dalam skala besar dan dengan harga yang jauh lebih murah.
  7. Windows 10 Pro Education
    Biasanya jenis windows ini hanya tersedia pada gadget microsoft yang memang di khususkan untuk pendidikan. Atau lembaga pendidikan membeli gadget sepaket dengan windows langsung dari microsoft.
  8. Windows 10 Mobile
    Sistem operasi mobile microsft yang biasa ada di smartphone atau tablet. Sayangnya kalah populer dengan android.
  9. Windows 10 Mobile Enterprise
    Memungkinkan suatu perusahaan untuk mengakses perangkat karyawannya yang juga memiliki versi windows yang sama.
  10. Windows 10 X
    Dirancang khusus hanya untuk Surface Neo, dan future dual screen devices. Windows X memiliki kemampuan untuk menjalankan dual screen devices dengan modular yang cukup rumit.
  11. Windows 10 Team
    Merupakan versi spesial dari Windows 10 yang hanya bisa berjalan apabila terhubung dengan Surface Hub Smart Whiteboard
  12. Windows 10 Pro for Workstations
    Jenis ini digunakan untuk Komputer Server skala sangat besar.
  13. Windows 10 IoT
    Ini adalah prototype paling irit yang hanya memiliki basic system saja. Biasa digunain untuk robot atau devices kecil

Jenis Windows 10 Versi IOT

Terlalu Banyak Versi Windows 10

Memang munculnya berbagai macam versi Windows 10 ini tidak lepas dari kebutuhan user akan suatu fitur khusus. Siapa tahu dalam waktu dekat ini Microsoft akan meluncurkan lagi jenis baru yang unik dan memiliki fitur khusus. Beruntungnya untuk kita yang membuka komputer dari rumah, kita hanya membutuhkan versi Windows 10 Home atau Pro.

Leave a Response