Nama Nama Mac OS Sistem Operasi

Nama-Nama Sistem Operasi Mac OS Dari Waktu ke Waktu

Pada tahun 1984, Apple mengenalkan sistem operasi Macintosh beserta dengan komputer desktopnya. Pada tahun 1996, nama sistem tersebut di branding ulang oleh steve jobs dengan nama Mac OS. Tidak lama kemudian, apple pun kembali merombak penamaan sistem operasi mereka dengan nama Mac OS X. Namun nama itu mengalami perubahan lagi menjadi OS X pada tahun 2012, meskipun akhirnya sekarang, mereka kembali menggunakan nama branding awal yaitu macOS. Sejarah penamaan yang sangat mengesankan bukan?

Mungkin kalian semua sudah paham mengenai pengertian sistem operasi. Pada dasarnya, MacOS merupakan Operating System layaknya Windows dari Microsoft. Fungsi sistem operasi mac sendiri adalah sebagai software penghubung antara hardware dan user. Macintosh juga berfungsi sebagai program pengendali untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer dan mengatur pengelolaan sumber daya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas nama nama mac os dari awal rilis hingga sekarang.

Classic Mac OS Versi 1 – 9

Macintosh Versi 8 Tahun 1998 Jadul

Diciptakan dan dikembangkan mulai dari tahun 1984 hingga awal tahun 2001. Pada masa itu, versi classic Macintosh ini dinilai sebagai penggagas konsep operating sistem di dunia. Terkenal dengan konsep GUI (graphical user interface) yang sangat poweful. Pada saat itu, semua device mac, telah dilengkapi dengan OS classic ini.

Untuk nama-nama sistem operasi mac os classic ini dimulai dari Macintosh System Software 1.0 hingga ke versi 9.2.2 sebagai final rilis. Selanjutnya peran OS Classic digantikan dengan sistem terbaru yang notabene adalah akhir dari perjalanan sistem MacOS yaitu versi ke 10 (atau di sebut MacOSX).

Mac OS X Public Beta (Nama Mac OS Kodiak)

Sistem operasi mac os paling sepuh yang di launching pada 13 September tahun 2000. Pada waktu itu, untuk bisa mencoba demo atau preview ini software, kalian harus bayar $29.95. Nantinya, kalian bisa kasih feedback dan saran untuk peningkatan sistem terbaru yang ingin ditambahkan.

Mac OS X 10.0 – Cheetah

Versi Pertama Mac OSX Cheetah 2001

Versi mac os inilah yang keluar setelah public beta selesai dilancarkan. Cheetah di launching tepat pada 24 Maret 2001. Meskipun program beta Apple berhasil menarik banyak minat pembeli, dan menuai banyak feedback, namun ternyata eksekusi Apple terhadap versi release 10.0 cheetah ini bisa terbilang gagal. Kenapa gagal? Kalau kalian lihat koran teknologi pada masa itu, telrihat jelas bagaimana Apple mendapatkan kritik dan hujatan karena versi Cheetah ini dianggap lemot, buggy, mainstream dan tidak layak untuk rilis.

Mac OS X 10.1 – Puma

Mac OSX Puma Tahun 2001

Setelah banyaknya setback yang tidak terduga, akhirnya pada tanggal 25 September 2001, apple melakukan update besar-besaran terhadap sistem Cheetah dan membuat versi terbaru dengan codename 10.1 Puma. Cuma beda 6 bulan aja ya dari versi sebelumnya. Ohiya, dulu update puma ini dibagikan kepada mac user secara gratis dalam bentuk CD. Tapi kalau kalian baru pertama kali beli, harganya cukup mahal dulu itu sekitar 129 USD per CD nya.

Mac OS X 10.2 – Jaguar

Mac OSX Jaguar Tahun 2002 Versi 10.2

Satu tahun selanjutnya, pada 23 Agustus 2002, rilis versi 10.2 Jaguar. Konon katanya Jaguar adalah versi macosx yang paling cepat dengan performa yang sangat canggih. Juga di versi inilah Apple mulai digunakan untuk kebutuhan design grafis. Karena pada zaman ini, mac telah dilengkapi kartu grafis ATI Radeon atau Nvidia Geforce 2 MX AGP, 16 MB VRAM. Dulu punya vga 16MB udah mewah banget loh ya. Sekarang mah 4GB DDR5 VGA rasanya masih kurang. Pada versi ini juga pertama kalinya, logo happy mac dirubah menjadi logo Apple.

Mac OS X 10.3 – Panther

Mac OSX Panther 2003 Versi 10.3

Satu tahun kemudian 24 Oktober 2003, pengguna MacOSX kembali dikejutkan dengan update terbaru v10.3 Panther.  Konon katanya, macosx panther ini yang paling sukses menangangi berbagai macam kegagalan teknis, bug dan peningkatan performa yang sangat menakjubkan. Selain itu versi ini lah yang mengenalkan berbagai fitur baru termasuk Finder update, Fast user switching, expose, filevault, safari, ichat AV, PDF optimization dan interoperabilitas microsoft windows.

Mac OS X 10.4 – Tiger

Mac OSX Tiger Versi 10.4 Tahun 2005

Pada 29 April tahun 2005, versi 10.4 Tiger diluncurkan. Apple pada saat itu mengatakan bahwa versi ini memiliki lebih dari 200 fitur terbaru. Saking banyaknya fitur baru, beberapa komputer mac jadul sudah tidak dapat mendukung OS Tiger ini. Karena salah satu persyaratannya adalah butuh memori ram sebesar 256 MB.  Pada versi ini pula Apple mengenalkan varian baru Intel Based Mac yang disertai pada update minor Mac OS X Tiger 10.4.4 pada 10 Januari 2006.

Mac OS X 10.5 – Leopard

Versi Mac OSX Leopard 10.5 Tahun 2007

Ini adalah update terbesar sepanjang sejarah MacOSX. Dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007, Leopard v10.5 menawarkan 300 fitur terbaru yang bisa update pada komputer pengguna mac. Pada versi ini mulai dikenalkan mesin 64 bit, Time Machines (untuk backup mac), Boot Camp, Sistem keamanan terbaru dan juga aplikasi email dan chat di mac.

Mac OS X 10.6 – Snow Leopard

Mac OSX Snow Leopard tahun 2009

Pada update di versi 10.6 Snow Leopard, Apple tidak terlalu fokus pada perubahan dibagian front end dan user interface. Namun pada update ini, terjadi perubahan sistem dan performa yang sangat signifikan dibandingkan update sebelumnya.  Namun untuk update yang paling menarik adalah penambahan Apple Mac App Store.

Mac OS X 10.7 – Lion

Mac OSX Lion 2011

Urutan os mac selanjutnya adalah update 10.7 dengan nama inisial Lion (20 Juli 2011). Engga banyak yang berubah dengan sistem ini, selain perubahan performa, kalian juga akan menemukan fitur Reopen Apps when loggin back. Untuk versi Mac OS X Lion ini, dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang di khususkan bagi pengguna Macbook. Misalnya fitur Launchpad, Multi Touch gestures, dan masih banyak lagi.

OS X 10.8 – Mountain Lion

Mac OSX Mountain Lion 2012

Nama mac os ini berganti dari Mac OS X menjadi OSX saja (25 Juli 2012).  Fitur terbaru yang ditawarkan pada update ini antara lain, Notifications, iCloud, GateKeeper (Security & Privacy), AirPlay Mirroring, Autosave Notes, PowerNap, Reminders, Messages, Contacts, Calendar, Safari Update dan pembaruan sistem untuk mendukung hardware model terbaru. Lihat disini untuk daftar fitur terbaru yang lebih lengkap.

OS X 10.9 – Mavericks

Mac OS X Mavericks 10.9 Tahun 2013

OS X 10.9 Mavericks dirilis pada 22 Oktober 2013. Mavericks merupakan nama mac os yang cukup bikin pengguna mac penasaran. Biasanyakan, apple itu selalu gunain nama hewan untuk versi sebelumnya. Namun entah kenapa, khusus pada update ini engga. OS X Mavericks dapat di upgrade gratis oleh semua pengguna yang menjalankan Snow Leopard atau lebih baru dengan prosesor Intel 64-bit. Perubahannya termasuk penambahan Aplikasi Maps dan iBooks, peningkatan Notification Center, peningkatan performa ke beberapa aplikasi bawaan, dan banyak perbaikan bug. Design agak berubah pada model mavericks ini, lebih simple dan slight. Lihat selengkapnya.

OS X 10.10 – Yosemite

OS X Yosemite 2014

OS X 10.10 Yosemite dirilis pada 16 Oktober 2014. Versi ini bisa dibilang menjadi penyempurna dari yang sebelumnya. Untuk User Interface pada Yosemite mengalami perubah yang cukup drastis. Dimana perubahan tersebut di angkat dari design iOS yang tampak lebih flat, simple dan warna yang catchy. Pada update yosemite, pengguna iOS 8.1 keatas dapat menerima telepon, menerima dan mengirim SM, serta mensinkronisasi email secara langsung dari Mac.

OS X 10.11 – El Capitan

Mac OS X El Capitan Tahun 2015

Sedangkan untuk versi El Capitan v10.11 (rilis September 30, 2015) ini, memiliki keunggulan yang sama seperti Snow Leopard dan Panther. Yaitu update yang dikhususkan untuk meningkatkan kualitas sistem, termasuk meningkatkan performa, meminimalis bug dan memperbaiki dukungan hardware dan software. Fitur yang paling seru dari El Capitan antara lain, Split View, Mission Control, Spotlight design baru, dan Maps upgrade.

MacOS 10.12 – Sierra

Mac OS Sierra 2016

Dari semua nama-nama sistem operasi mac os terbaru diatas, kalian tentunya sekarang sudah memasuki versi update Sierra (10.12). Dengan fitur terbaru, SIRI, tampilan design yang lebih elegan, Apple Music, iCloud terbaru, Loading Speed performance upgrade, Storage optimization, Apple Pay dan masih banyak lagi.

MacOS 10.13 – High Sierra

Mac OS High Sierra 2017

macOS 10.13 High Sierra dirilis ke publik pada 25 September 2017. Sama seperti OS X El Capitan dan OS X Mountain Lion, High Sierra adalah pembaruan yang dikhususkan untuk penyempurnaan sistem sebelumnya, fitur barunya engga terlalu banyak. High Sierra juga telah menggunakan Apple File System yang terbaru.

MacOS 10.14 – Mojave

Mac OS Terbaru Mojave Versi 10.14 Tahun 2018

Yang terakhir adalah OS Mac terbaru, bernama macOS Mojave. Belum banyak informasi yang beredar mengenai update terbaru ini karena mojave sendiri masih dalam tahap Beta. Namun satu hal yang pasti ada di update ini adalah MacOS Dark Edition! Berbanding terbalik dengan seri sebelumnya, Mojave memiliki kemampuan untuk menampilkan design UI yang gelap. Sangat cocok buat kalian yang suka bekerja pada suasana dengan sedikit pencahayaan. Lihat perkembangannya disini.

OS Mac terbaru MacOS Mojave

Versi mana yang kalian suka? Mana nama mac os yang paling keren menurut kalian? Silahkan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar