Cara Edit File Host di Windows

Cara Edit File Hosts Windows dan MacOSX

Banyak hal yang bisa kalian lakukan setelah mengetahui cara edit file hosts, baik itu di Windows maupun MacOSX. File hosts ini sendiri telah diimplementasikan oleh Microsoft sejak versi windows paling jadul. Namun, kita tidak bisa mengedit file hosts begitu saja tanpa menggunakan hak akses admin. Pada dasarnya, file hosts ini memiliki fungsi untuk mengarahkan domain tertentu ke IP yang dapat kita tentukan sendiri. Sebagai contoh, memblokir software berbahaya dengan mengarahkan IP domainnya ke 0.0.0.0. Bahkan bisa juga untuk memblokir sistem update software jika kalian tau IP yang digunakan.

Kalian juga bisa memanfaatkan hosts untuk mengarahkan domain server yang sedang di migrasi. Misalkan ketika sedang memindahkan server, agar tidak terjadi downtime, maka pengunjung tetap diarahkan ke server lama. Sedangkan kita pribadi bisa mengarahkan website ke IP address baru untuk memantaunya.

Fungsi File Hosts Windows dan Cara Edit

Letak file host di windows 10 ini berada di folder C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts. File hosts berisikan beberapa baris teks yang terdiri dari alamat IP. Antara domain dan IP address harus dipisahkan dengan spasi. Kalian bisa input domain, baik dengan www ataupun tidak. Baris komentar bisa dimasukkan dengan cara menambahkan karakter hash (#) diposisi pertama baris tersebut.

Cara Edit File Hosts Windows 10 Menggunakan Notepad

  1. Pergi ke Start lalu ketikkan “cmd” untuk mulai membuka Command Prompt
  2. Klik kanan Command Prompt program lalu pilih Run as administratorCara Edit File Host Windows 10 Dengan Notepad Host Editor
  3. Di dalam command prompt, kalian tinggal ketikkan aja perintah dibawah ini
    notepad C:\Windows\System32\drivers\etc\hosts
  4. Perintah pertama untuk membackup file Hosts ke dalam folder temp
  5. Perintah kedua untuk membuka hosts file dengan notepad (host editor)
  6. Sekarang tinggal save aja

Cara Edit File Hosts MacOSX di Terminal

Cara Mengedit File Hosts MacOSX

Untuk cara mengedit hosts file di mac, kalian akan memerlukan terminal (host editor) :

  1. Buka search, lalu ketikkan terminal
  2. Atau kalian bisa buka application > terminal
  3. Setelah itu ketikkan perintah sudo nano /etc/hosts > tekan enter
  4. Masukkan password user kalian

Demikian tutorial kita kali ini tentang cara edit file hosts di Windows dan Mac. Perlu diperhatikan, bahwa file hosts ini perlu ditangan secara hati-hati. Karena ketika ada kesalahan input IP address, maka komputer tidak akan bisa untuk terhubung ke domain yang dimaksudkan.

Apabila kalian mendapatkan kesulitan mengenai cara merubah file hosts windows 10, silahkan tulis komentar dibawah ini. Semoga tutorial ini bermanfaat!

 

2 Comments
Leave a Response