Plugin Cache Terbaik WordPress Gratis

3 Plugin Cache Terbaik WordPress Gratis

Page loading yang lemot, lelet dan lambat tentunya engga ramah buat pengunjung website. Meskipun saya sudah berapa kali membuat tutorial cara mempercepat wordpress, namun jika masih belum membahas plugin caching untuk wordpress, belum afdol rasanya. Nah pada kesempatan ini admin mau bahas beberapa plugin cache terbaik wordpress gratis yang bisa kalian gunakan untuk semakin meningkatkan performa website. Adapun Plugin yang mau saya bahas antara lain : W3 Total CacheWP Super Cache, dan WP Fastest Cache.

Apa itu caching website? Cache itu sendiri adalah area dalam memori komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi yang terakhir diproses. Ketika sebuah halaman telah di-cache, itu berarti gambar, file dan semua objek Web disimpan oleh server. File yang disimpan oleh server biasanya sudah dalam bentuk HTML. Sehingga ketika ada orang lain yang mengakses halaman tersebut, server tidak perlu lagi memproses PHP ataupun script aslinya. Cukup kirim file HTML tadi dan hasilnya adalah waktu pemuatan halaman yang lebih cepat di browser visitor.

Baca Juga : Mempercepat WordPress Dengan Membersihkan Kode Internal

Tanpa Plugin Cache WordPress

Untuk membandingkan hasil penggunaan plugin, dibawah ini adalah kecepatan web sebelum menggunakan cache. Pada kasus ini, kita akan coba pake jasa speed test dari Pingdom dan juga GTMetrix. BTW Website yang kita test ini adalah wordpress baru, hanya menggunakan tema twenty, ditambah plugin akismet, dan jetpack default.

Tanpa Plugin Cache WordPress
Tanpa Plugin : Ini Speedtest GTMetrix
Tanpa Plugin Cache WordPress
Tanpa Plugin : Ini hasil speedtest dari Pingdom

 

W3 Total Cache Plugin WordPress Gratis

Plugin pertama yang akan kita test adalah W3 Total Cache. Plugin ini direkomendasikan oleh beberapa top hosting provider SiteGround. Konon katanya itu adalah web hosting yang di rancang khusus untuk pengguna wordpress. Sebelum diinstall, kalian harus tau bahwa W3 Total Cache ini memiliki framework yang cukup keren dibandingkan dengan 2 lainnya. Adapun beberapa fitur yang bisa kalian gunakan antara lain adalah :

  • GZIP compression to optimize web browser rendering
  • Minification and concatenation of HTML, CSS and JavaScript files
  • Support for Content Delivery Networks (CDN)
  • Compatible with CloudFlare

Nah, untuk test kecepatannya kita akan Enable Page Caching dan juga mengaktifkan fitur Minification.

W3 Total Cache Plugin WordPress
W3 Total Cache : Hasil speedtest GTMetrix
W3 Total Cache Plugin WordPress
W3 Total Cache : Hasil speedtest Pingdom

WP Super Cache Plugin WordPress Gratis

Solusi gratis yang mungkin bisa menjadi alternatif kalian. Mekanisme caching plugin ini bisa dibilang sangat sederhana. WP Super Cache akan membuat semua halaman website menjadi HTML dan deliver file itu ke visitor. Kalian engga perlu pusing mengatur settingannya, karena fitur default cachingnya sudah di optimalkan oleh developer. Jika ada kasus rumit, barulah gunakan fitur advanced caching. Berikut 3 fitur yang di sediakan :

  • Page compression and dynamic caching
  • Support for Content Delivery Networks (CDN)
  • Caching for visitors using a mobile device
  • Scheduler to manage deletion and re-caching at given intervals

Untuk menggunakan plugin ini, kita hanya cukup mengaktifkan Turn Caching On

WP Super Cache Plugin WordPress
WP Super Cache : Hasil speedtest GTMetrix
WP Super Cache Plugin WordPress
WP Super Cache : Hasil speedtest Pingdom

WP Fastest Cache Plugin WordPress Gratis

Selanjutnya adalah plugin yang admin gunakan secara pribadi. Semenjak rilis, developer dengan percaya diri menamakan pluginnya ini dengan nama WP Fastest Cache. Awalnya mungkin terlalu melebih melebihkan, tapi setelah dicoba oleh ratusan ribu user, ternyata hasilnya sangat memuaskan. Meskipun gratis, WP Fastest Cache dengan baiknya memberikan fitur premium yang sangat lengkap. Beberapa fitur tersebut antara lain :

  • Preload
  • Minify HTML
  • Minify Css
  • Combine Css
  • Combine Js files to header
  • Gzip Compressing
  • Browser Caching
Pada tes kecepatan dibawah ini saya mengaktifkan semua fitur diatas tanpa terkecuali.
WP Fastest Cache Plugin WordPress
WP Fastest Cache : Hasil speedtest GTMetrix
WP Fastest Cache : Hasil speedtest Pingdom

Kesimpulan Plugin Cache Terbaik Gratis WordPress

Tanpa CacheW3 Total CacheWP Super CacheWP Fastest Cache
GTMetrix1.9 detik1.5 detik1.3 detik1 detik
Pingdom1.8 detik1.4 detik1 detik0.9 detik

Setelah selesai melakukan percobaan pada ketiga plugin, kalian bisa ambil kesimpulannya sendiri ya. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Apa yang saya coba ini, belum tentu bisa sama dengan apa yang kalian coba.

Banyak faktor yang bermain soalnya. Seperti template, plugin, widget, script, server hosting dan masih banyak faktor yang dapat merubah hasil dari percobaan ini. Namun secara overal, ketiganya adalah plugin cache terbaik wordpress gratis yang bisa kalian coba. WP Fastest Cache memang menampilkan hasil terbaik, tapi belum tentu dapat berjalan dengan baik di website kalian. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Komentar