Apa Perbedaan PHP HTML CSS

Perbedaan HTML dan PHP? Perbedaan HTML PHP CSS

Hal ini seringkali menjadi pertanyaan yang diajukan oleh para praktisi IT. Bagi para praktisi yang baru belajar, ke 3 bahasa pemrograman ini sangatlah membingungkan. Karena uniknya ke 3  bahasa pemrograman ini sangat berbeda, namun memiliki integrasi yang sangat kuat. Sehingga bisa dibilang mustahil jika kita dapat menjadi developer website professional tanpa mengetahui dan menguasai ke tiga bahasa tersebut.

Pengertian HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML adalah sebuah bahasa standar yang digunakan untuk membuat halaman web. Ini sebuah bahasa pemrograman paling dasar yang kalian perlukan untuk mengembangkan situs web. Ini juga salah satu bahasa pertama yang pastinya ingin banget semua orang pelajari, tentunya jika kalian tertarik terjun kedalam dunia teknologi dan pemrograman. Mungkin bagi sebagian orang sudah sangat familiar dengan bahasa HTML ini. Secara gratis kalian dapat mencoba mengembangkan web berbasis HTML di web development online seperti Blogger, Joomla, dll.

HTML sendiri merupakan bahasa yang static, dalam artian, apapun yang di tuliskan di dalam HTML (Server Sided) akan ditampilkan apa adanya ke monitor viewer (Client Sided).

Contoh Bahasa HTML

Pengertian PHP (Hypertext Preprocessor)

Meskipun PHP secara garis besar memiliki fungsi yang sama dengan HTML (Membangun sebuah halaman web), namun PHP memiliki keunggulan yang dapat menyisipkan pula Bahasa HTML kedalam kodenya. Cara kerja Kode PHP yaitu di proses (atau dieksekusi) oleh Server Web saat halaman diakses dan output yang dihasilkan akan ditulis sebagai HTML di dalam halaman Web. Ketika pengguna mengakses halaman PHP, browser Web-nya hanya akan menerima sebuah kode HTML tanpa ada unsur PHP, hal ini terjadi karena server Web telah memproses kode PHP di latar belakang pada saat pengiriman data halaman. Saking cepatnya proses penguraian skrip dan koding PHP menjadi HTML, membuat proses ini tidak terasa, alias tidak mempengaruhi loading time.

Halaman web PHP memiliki ekstensi .php dan juga sangatlah penting, karena ekstensi inilah yang memberi tahu Server Web bahwa halaman tersebut menyertakan kode PHP. Oleh karena itu, harus dijalankan dulu melalui mesin PHP Server (Installasi software PHP pada Server) sebelum dikirim ke browser Web klien. Hal ini memungkinkan konten dinamis dapat dihasilkan setiap kali halaman Web dimuat berdasarkan variabel yang termasuk dalam kode PHP. Misalnya, objek seperti tanggal, waktu, data, javascript, ajax script, jquey dan koding kompleks lainnya yang nanti dapat membuat Halaman Web terlihat lebih Dinamis. Tidak seperti HTML yang cenderung design halamannya sangatlah statis.

 

Apa Perbedaan PHP dan HTML?
Contoh Kode PHP

Secara garis perbedaan HTML dan PHP adalah :

  • HTML hanyalah sebuah Kode Pemrograman Markup (Rangkuman) untuk loading page sedangkan PHP adalah Bahasa Pemrograman yang menggunakan Scripting Komppleks.
  • HTML sangat mudah, dan apapun yang kalian ketik akan menampilkan hasil, namun PHP tidak. Jika ada salah pada PHP akan langsung ERROR
  • HTML itu statis, setiap objek didalamnya hanyalah design statis (Text, images). Sedangkan PHP dinamis, dimana Objeknya dapat memiliki berbagai Class dan Fitur.

Dan jika HTML sudah kalian kuasai, dan PHP sudah selesai dipelajari ada satu bahasa lainnya yang akan perlu untuk dipelajari, yaitu CSS.

Pengertian CSS (Cascading Style Sheets)

Sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk memberikan STYLE atau gaya ke dalam Elemen yang telah dibuat dengan HTML atau PHP. Dimana HTML/PHP datang lebih dulu dan menciptakan fondasi untuk halaman web kalian, nah disitulah CSS hadir selanjutnya dan digunakan untuk membuat tata letak halaman, warna, font, dan … effect, pokoknya gaya. Elemen yang dibuat di HTML atau PHP biasanya di deklarasikan dengan kode seperti PUBLIC PRIVATE atau <head>

Apa yang dimaksud CSS
Contoh Kode CSS dan Elemen Body

 

Oke, sekian penjelasan singkat mengenai perbedaan HTML dan PHP dan CSS. Selengkapnya dan prakteknya kita akan membahasnya pada kesempatan lain di artikel tutorial mengenai CSS, PHP, dan HTML. Sialhkan tanyakan pertanyaan di kolom komentar jika ada konten yang kurang jelas. Terimakasih!

 

Tinggalkan Komentar