Cara print screen di mac dengan keyboard shortcut

Cara Print Screen di MacOSX Dengan ShortCut Keyboard

Jika kalian baru saja beralih menjadi Mac User dengan membeli macbook ataupun imac, mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana cara print screen di mac? Sebenarnya cara ini tidaklah sulit karena sama halnya seperti windows, mac memberikan fitur screenshot. Meskipun tidak ada informasi yang menjelaskan tentang cara screenshot mac secara langsung di dalam OS. Namun Apple telah mendokumentasikan caranya di website mereka. Bahkan sejak versi MacOSX jadul terdahulu.

Fitur screen capture yang di ada mac memiliki tombol shortcut yang berbeda dengan windows. Ada berbagai cara print screen di mac. Dimana setiap caranya memiliki fungsi screenshot yang berbeda. Berikut shortcut keyboard untuk screenshot mac.

6 Cara Screenshot Mac Dengan Shortcut atau Tombol Keyboard

  1. COMMAND + SHIFT + 3 :  untuk mengambil screenshoot mac Satu Layar Penuh.
    Dengan fitur ini screenshoot secara otomatis tersimpan di DESKTOP dengan nama file yang random.
  2. COMMAND + SHIFT + 4 :  untuk mengambil screenshoot Terseleksi
    Kalian dapat menyeleksi bagian yang akan di screenshoot, sehingga kalian tidak perlu mengeditnya/crop pada software editing foto.Salah satu cara screenshot mac dengan keyboard command
  3. COMMAND + SHIFT + CONTROL + 3 : mengambil screenshot satu layar penuh ke CLIPBOARD
    Dengan ini kalian hanya tinggal menekan tombol Paste pada software seperti photoshop/word untuk paste gambar screenshoot.
  4. COMMAND  + SHIFT + CONTROL + 4 :  menyeleksi daerah screenshoot ke CLIPBOARD
    Sama seperti seleksi screenshot nomor 2, namun kalian bisa paste hasil screenshoot software lain.
  5. COMMAND + SHIFT + 4 lalu tekan SPACE : Mengambil screenshoot sebuah window yang terpilih
    Misalnya screenshot buat Safari atau software tunggal saja, maka cara ini akan sangat berguna. Setelah menekan Command+Shift+4 tinggal tekan spasi.
  6. Menggunakan Software LIGHTSHOT – Saya rasa ini adalah cara print screen di mac alternatif yang bisa kalian gunakan. Lightshot adalah software screenshot yang sangat bagus! Karena di aplikasi ini, ketika kalian melakukan screenshoot, maka kalian bisa langsung edit gambar tersebut real time.

 

Leave a Response