Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi MIUI 9

Sembunyikan Icon Aplikasi di Smartphone Xiaomi (Tanpa Root)

Belakangan ini smartphone xiaomi semakin menguasai pasar gadget di Indonesia. Mulai dari kalangan masyarakat biasa, menengah, dan menengah keatas, banyak banget di temukan pengguna handphone asal china tersebut. Engga jarang diantara mereka adalah mi device antusias, yang selalu update produk terbaru setiap tahunnya. Memang smartphone mewah-murah andalan satu ini terkenal dengan spesifikasinya yang tinggi, namun dengan bandrol harga yang sangat rendah. Jadi wajar saja bisa menguasai dunia device di Indonesia.

Khusus pada kesempatan kali ini, admin mau membahas gimana cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi. Khusus untuk pengguna MIUI 9 dan juga MIUI 8 aja tapi ya. Tutorial ini cocok banget buat kalian yang butuh privasi. Jadi ya, misalkan kalian punya aplikasi yang tidak ingin siapapun menggunakan ataupun melihatnya, seperti aplikasi rahasia organisasi pemerintahan, aplikasi penting pekerjaan, aplikasi network jaringan, cctv dan lain sebagainya.\

Baca Juga : Cara Merekam Telepon di Handphone Xiaomi

Nah untuk membuat icon apps tersebut hidden atau menghilang dari layar utama android memang tidaklah mudah. Perlu trik khusus untuk dapat menghapusnya dari halaman depan tanp harus uninstall. Beruntung bagi kalian pengguna xiaomi, karena fitur hide apps sudah include dalam sistem. Simak selengkapnya dibawah ini :

Menggunakan Second Space Untuk Hide Aplikasi (MIUI 9)

Ini adalah fitur favorit admin, yaitu second space asli dari xiaomi. Ini fitur seolah bisa bikin hape kalian memiliki dua desktop sekaligus. Dengan folder, sistem, foto, aplikasi, dan data login terpisah satu antara lainnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, kalian membutuhkan MI Smartphone yang dilengkapi dengan MIUI 9. Begini caranya :

  1. Buka setting handphone kalian, lalu ketik ‘Second’
  2. Akan muncul opsi sebagai berikut, masuk aja kedalamnya
    Second Space HP Xiaomi Android
  3. Klik aja tombol Turn ON Second Space untuk mengaktifkan fitur ini
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan selesai
  5. Jika sudah, tugas kalian selanjutnya hanyalah memberikan password dan fingerprint
    Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi
  6. Fitur ruang kedua sudah aktif di smartphone xiaomi kalian!
    Menyembunyikan icon apps pada smartphone xiaomi
  7. Buka tab setting dan pilih Go To First Space untuk kembali ke tampilan utama
    Fitur Second Space Xiaomi Terbaru
  8. Untuk menghapus fitur ini, kalian cukup balik ke menu setting second space
  9. Lalu kalian tekan tombol Trash Bin (tong sampah) di pojok kanan atas.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Android (MIUI 8 ROM China)

Langkah berikut ini khusus untuk pengguna device yang masih menggunakan MIUI 8 dan ROM China (Stable Edition). Selain dari pada persyaratan itu, jangan harap akan menemukan fitur ini. Biasanya supportnya itu handphone seperti redmi 1, redmi 2, dan redmi 3. Lalu bisa juga support di redmi note 1 dan redmi note 2 saja. Termasuk juga mi 3 dan mi 4.

  1. Masuk ke setting smartphone, lalu ketik ‘App Invisible’
    Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi Redmi MIUI 8
  2. Jika ada pilihan tersebut, masuk aja kedalam
  3. Kerennya, kalian cukup slide on off aplikasi apa yang mau dihilangkan dari layar utama
  4. Untuk mengembalikannya, kalian musti tekan slide ON OFF itu sekali lagi

Berhubung admin gak ada device yang support, kalian bisa bayangkan sendiri penggunannya dari gambar diatas ya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi ketiga mungkin menjadi solusi terakhir buat kalian. Selain lebih mudah mendapatkannya, aplikasi dari luar pastinya akan lebih support berbagai macam device smartphone xiaomi. Ada beberapa aplikasi yang saya sarankan. Berikut adalah daftarnya.

App Hider – Hide App

Aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi lain

Ini program rekomended banget buat kalian. App Hider – Hide App dirancang khusus untuk membuat sebuah folder rahasia. Bener banget, folder rahasia tersebut nanti lambang iconnya berupa Kalkulator. Jadi bentuknya itu sama kaya folder biasa, dimana kalian bisa pindahin berbagai macam apps kedalamnya. Namun karena iconnya berbentuk icon Kalkulator, siapa juga yang mau buka itu yakan? Unik simple, tapi bisa untuk sembunyiin icon penting.

Menggunakan Launcher Android dan Fitur App Drawer

Kalau di MIUI dan Launcher Android default kalian engga akan nemuin yang namanya hide app atau apps drawer. Jadi untuk mengatasi hal itu, kalian harus download launcher third party yang direkomendasikan berikut ini :

  1. Nova Launcher – Memang ini akan ngerubah tampilan miui, tapi app drawernya bisa sembunyiin aplikasi
  2. U Launcher – Alternatif dari Nova Launcher, lebih ringan bosku
  3. Apex Launcher – Agak jadul dikit, tapi bagus kok tetep performanya
  4. Smart Launcher Pro 3 – Ini bagus banget, simple elegan tapi performa tetep kenceng. Sayangnya berbayar.

Nah kalau kalian sudah fix akan menggunakan launcher. Kalian bisa cari tutorial di google untuk mencari cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi kalian. Untuk setiap launcher, caranya bakalan sama saja kok.

 


 

Okeh okeh, gimana artikel kita untuk hari ini? Sudah ketemu cara yang cocok untuk sembunyikan aplikasi di smartphone xiaomi kalian? Jika kalian memiliki cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi yang lebih baik lagi, silahkan post di kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat!

 

 

 

Tinggalkan Komentar