Cara Meningkatkan SEO Website WordPress Merubah Struktur URL Permalink WordPress Yasir252

Meningkatkan SEO Website :

Merubah Struktur URL Permalink (WordPress)

Untuk kalian yang menggunakan wordpress sebagai CMS, tentunya sadar bahwa URL default yang diberikan oleh wordpress terlihat hanya dengan angka angka. Tentunya hal ini sangat mengganggu optimasi Search Engine yang melakukan pemeriksaan URL konten.

Karena faktanya, URL yang memiliki keyword akan lebih besar kemungkinan dijadikan page one oleh google, dibandingkan dengan URL random dengan angka-angka.

Saya sangat menyarankan untuk merubah settingan URL default tersebut menjadi sesuatu yang lebih SEO Friendly. Caranya mudah bagi pengguna wordpress. Bagi pengguna CMS custom atau lainnya, kalian bisa menyesuaikan dengan plugin dan settingan masing-masing.

Secara default, URL yang disajikan WordPress untuk konten adalah seperti ini :

Meningkatkan SEO Website Merubah Struktur URL Permalink WordPress Yasir252

Permulaan

Saya anggap kalian udah punya website wordpress ya. Kalau kalian pengguna baru, silahkan lanjut. Kalau kalian pengguna lama dan sudah memiliki traffic yang cukup tinggi ke website, saya sarankan untuk memperhatikan bahwa tutorial ini dapat merubah semua link konten yang telah terposting.

Jadi kalian harus mempersiapkan teknik 301 Permalink Redirection untuk menyisiasati link lama supaya langsung beralih ke link baru ketika di klik.

Langkah 1

Buka dashboard wordpress, lalu masuk ke menu Settings > Permalinks

Meningkatkan SEO Website Merubah URL Permalink WordPress Yasir252

Langkah 2

Pada tampilan selanjutnya, yang perlu kalian lakukan adalah merubah format URL Linknya. Saya sih selalu menggunakan Custom URL supaya fitur Breadcrumbs di website saya dapat terindeks di google. Nah tetapi bagi kalian yang tidak terlalu memperdulikan breadcrumbs, langsung aja pilih settingan POST NAME. 

Kalau kalian ingin lebih keren dan mengaktifkan kategori (breadcrumbs) input Custom Structure dengan kode /%category%/%postname%/

Meningkatkan SEO Website Mengganti URL Permalink WordPress Yasir252

Langkah 3

Jika sudah selesai, silahkan tekan tombol Save. Secara otomatis semua link URL di konten kamu akan berubah. Gampang banget untuk pengguna wordpress.

 

Seperti biasa, kalau kalian memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini! Sekian Tips SEO merubah struktur URL Permalink WordPress.

Tinggalkan Komentar