Cara Membagi Partisi Harddisk di Windows 10

Cara Membagi Partisi Harddisk di Windows 10

Kita akan menggunakan fitur disk management yang sudah include di fitur windows 10, jadi tidak perlu software tambahan lagi untuk melakukan partisi harddisk. Meskipun ada beberapa kekurangan jika kita melakukan dengan cara ini, namun saya yakin, tidak akan sampai merusak harddisk kalian.

Untuk membagi mempartisi harddisk di windows 10 memang sebenarnya lebih baik di lakukan dengan software 3rd party lain seperti EaseUS Partition Manager, Paragon Partition Manager, MiniTool Partition Wizard. Namun pada dasarnya, jika kalian telah paham cara membagi partisi harddisk hanya dengan disk management yang ada di windows, maka melakukannya di 3rd party software yang saya sebutkan diatas tentunya akan sangat mudah. Baiklah langsung saja kita mulai tutorialnya:

Cara Membagi Partisi Harddisk di Windows 10 Menggunakan Disk Management

1. Search Disk Management Tool di Windows 10. Ketik aja di start menu “Disk Management”.

Cara Membagi Partisi Hardisk di Windows 10

2. Oke, maka di dalamnya akan ada daftar harddisk kalian.

3. Disini misalkan kalian mau partisi drive D: menjadi 2 bagian. Maka langsung aja klik kanan partisi drive D: lalu pilih Shrink Volume

Cara Membagi Partisi Harddisk di Windows 10

4. Jadi nanti harddisk kalian ada di pecah menjadi dua, dimana ukuran yang aslinya A akan dikecilkan, dan sisanya akan dikosongkan.

5. Setelah itu muncul pop up dialog. Tinggal isi aja berapa ukuran yang mau dipartisi. Input data 100.000 untuk 100GB dan 170.000 untuk 170GB

Cara Membagi Partisi Hardisk di Windows 10

 

5. Nah, tinggal klik Shrink. Maka di daftar list awal akan muncul Partisi seukuran yang ditulisin.

6. Dipartisi baru yang tadi kita shrink itu, tinggal klik kanan lalu pilih new simple volume

Cara Membagi Partisi Harddisk di Windows 10

7. Selesai sudah Cara Membagi Partisi Harddisk di windows 10!

Note : DRIVE yang ada file WINDOWS / OS nya tidak bisa dipartisi secara langsung. Kalaupun bisa, jangan di coba coba ya!

Kalau kalian ingin melakukan partisi GPT caranya sebetulnya sama. Hanya saja kalian harus menggunakan Software yang sudah support GPT partition (bisa mengangkat hingga 4TB harddisk). EaseUS Partition Manager, Paragon Partition Manager, Macrorit Partition, MiniTool Partition Wizard kurang lebih ketiganya sudah support untuk GPT Partition.

Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat dan saya ucapkan selamat mencoba partisinya! Jangan khawatir harddisk kalian aman. XD

Tinggalkan Komentar