Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar

Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar

Layar LCD sangat bagus untuk menghemat ruang dan listrik. Mereka juga lebih terjangkau dari layar CRT dan biasanya menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Namun, layar LCD cenderung menjadi sama kotornya seperti jenis layar lainnya namun lebih sulit dibersihkan dan dilindungi. Sementara manfaat menggunakan layar LCD sangat banyak, membersihkannya bisa sangat sulit. Selain itu, pembersihan yang tidak semestinya dapat merusak tampilan, membakar piksel atau membiarkan goresan tak nyaman dipandang dari satu ujung layar ke ujung yang lain. Untungnya, Anda tidak perlu membeli produk komersial mahal untuk digunakan di layar LCD TV atau monitor komputer Anda. Anda akan mendapat tips cara membersihkan layar monitor LCD yang benar dari bahasan ini.

Langkah Langkah :

  1. Campurkan dengan takaran yang sama dari isopropil alkohol atau alkohol biasa dan air suling yang bersih (bisa dari airminum kemasan) ke dalam botol semprotan yang bersih. Jangan gunakan air keran atau nanti akan berisiko meninggalkan goresan pada layar LCD Anda saat selesai membersihkannya.
    Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar
  2. Matikan monitor LCD Anda, dan pastikan bahwa saat dibersihkan tidak benar-benar dalam kondisi baru dimatikan, karena layar harus dalam kondisi dingin.
  3. Semprotkan beberapa larutan hasil campuran tadi yang ada dalam botol langsung ke kain microfiber. Jangan langsung semprotkan ke layar Anda!
    *note: atau gunakan kain yang biasa digunakan untuk lap lensa/kacamata.
    Cara Membersihkan Layar Monitor LCD Yang Benar
  4. Lap layar LCD Anda dengan lembut, dan menyeluruh, dari atas ke bawah. Jika air menetes atau mengalir di layar Anda, kain Anda terlalu basah.
  5. Ulangi Langkah 3 dan Langkah 4 sampai layar benar-benar bersih atau sampai kain menjadi terlihat kotor. Jika kotor, jangan peras kainnya! Gunakan kain lainnya untuk lanjut membersihkan, jika masih perlu dibersihkan.
  6. Nyalakan kembali monitor LCD anda setelah layar benar-benar kering. Periksa baik-baik area yang mungkin Anda lewatkan bagian kotornya.

Jadi jangan membersihkan monitor LCD anda sembarangan ya guys, semua ada cara ramahnya untuk menjaga kualitas monitor anda agar tetap bagus dan tidak rusak. Karena layar monitor LCD sangat sensitif terjadi kerusakan/goresan akibat salah perawatan. Sekian semoga bermanfaat, ada baiknya informasi penting seperti ini diketahui teman dan keluarga. Jangan lupa share, dan jika anda punya tips lain silakan komentar dibawah.

BACA JUGA : 

Tinggalkan Komentar