Cara Disable System Integrity Protection MacOS High Sierra Yasir252

Disable System Integrity Protection (SIP) di MacOS High Sierra

MacOS memang dirancang dengan keamanan sistem yang sangat mutakhir. Terlebih kepada aplikasi-aplikasi yang di download dari luar situs resmi apple. Meskipun nyatanya, banyak software bagus yang tersedia di internet untuk MacOS, misalkan Disk Drill (recovery data), Tuxera dan Paragon (NTFS), dsb. Hal ini semakin diperketat pada versi macOSX terbaru yaitu High Sierra yang memperkenalkan sebuah fitur bernama File System Protection (System Integrity Protection) yang akan membatasi installasi dan perizinan aplikasi dari luar software resmi App Store.

Untuk memberikan tingkat akses kepada aplikasi-aplikasi luar tersebut di macOS 10.13 (High Sierra) kamu hanya perlu menonaktifkan fitur File System Protection itu. Menonaktifkan SIP sebetulnya aman, karena versi macOS sebelum-sebelumnya kan juga selalu aman. Namun tenang aja, kamu bisa mengaktifkan kembali System Integrity Protection lagi jika sudah tidak diperlukan aksesnya. Yuk kita cek cara menonaktifkan file system protection di MacOS High Sierra.

Gini Caranya Menonaktifkan SIP di High Sierra :

  1. Restart Mac : Tunggu hingga benar benar muncul logo apple boot
  2. Tekan Tombol COMMAND + R barengan ketika muncul logo apple boot. Tunggu hingga loading Apple selesai, biasanya agak lama.
  3. Jika telah tampil Dialog Recovery, maka selanjutnya adalah masuk ke menu Utilities > TerminalCara Disable File Integrity System MacOS High Sierra Yasir252
  4. Jalankan terminal dengan menginput perintah :

    csrutil disable

  5. Tunggu hingga muncul notifikasi system dan kalian telah selesai
  6. Untuk mengaktifkan kembali system integrity protection, tinggal ganti aja input kodenya :

    csrutil enable

  7. Selanjutnya setelah di restart, buka Preference, pilih Security & Privacy (keamanan)
  8. Allow Apps Downloaded from Anywhere
  9. Silahkan dicoba lagi install software-software dari 3rd party luar, contohnya bisa coba install Tuxera 2018

Cara Mengizinkan Aplikasi di Mac :

  1. Selanjutnya, kalian cukup buka terminal lalu ketik
  2. Buka Preference, pilih Security & Privacy (keamanan)
  3. Allow Apps Downloaded from Anywhere
  4. Selesai!

Gampang banget kan? Oke itu adalah tutorial singkat kita untuk hari ini, mengenai cara menonaktifkan system integrity protection SIP di MacOS High Sierra. Mudah-mudahan bermanfaat!

    1. Disable SIP itu sama kaya ngeroot di android. Gak ada effect negatifnya. Garansi barangnya gak bakal hangus , karena OS kan terpisah.

  1. saya sudah melalukan tahap diatas,, akan tetapi ketika direstart tetap tidak ada menu ” Allow Apps Downloaded from Anywhere ” , os high sierra. .
    mohon solusinya gan,,
    terimakasih

    1. Code itu digunakan untuk membuka fitur Allow Apps From Anywhere yang di blokir oleh apple sejak update yosemite. Cek artikel diatas, “Mengizinkan Aplikasi di Mac”

  2. Tips nya sukses saya coba untuk install Tuxera 2018 di High Sierra…. namun kalau SIP diaktifkan kembail. Tuxera tidak berjalan dengan semestinya (tidak bisa copy paste ke Harddisk External)

    1. Disable SIP itu seperti ROOT di android. kalau akses root dihapus, otomatis hilang juga akses aplikasi 3rd party 🙂

Tinggalkan Komentar