Cara Mengatasi Windows Module Installer Worker High CPU

Memperbaiki Windows Modules Installer Worker High CPU

Untuk mengatasi masalah High CPU di Windows 10 memang tidak mudah. Ada beberapa faktor yang mungkin bisa menyebabkan kinerja CPU menjadi overload dan memberatkan proses di sistem. Salah satunya adalah Windows Modules Installer Worker yang memakan supply tenaga CPU sangat besar. Windows Module Installer Worker itu berbeda dengan Windows Update. Dimana module ini berfungsi untuk melakukan installasi terhadap update data yang telah kalian download.

Hal ini umum terjadi, dan pasti akan terus terulang karena faktanya, ini adalah ulah dari Windows Update. Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara memperbaiki Windows modules installer worker high cpu di Windows 10 dengan cara disable Windows Modules Installer Worker dan membuat proses update menjadi manual. Ohiya, kalau kalian ingin sekalian mematikan seluruh Windows update, silahkan baca cara mematikan update windows 10 selamanya disini.

Windows Modules Installer Worker High CPU

 

Cara Mengatasi High CPU Oleh Windows Modules Installer Worker

Seperti yang bisa kalian lihat di gambar Task Manager diatas, ketika Windows 10 High CPU disebabkan Windows Modules Installer Worker. Pada saat proses ini terjadi, komputer kalian akan seketika menjadi lambat. Seluruh aktifitas bisa terhenti dan sangat mengganggu ketika sedang mengerjakan sesuatu yang genting. Untuk mengatasinya ikutin cara ini :

  1. Bukan dialog RUN (Windows + R)
  2. Ketikan services.msc
  3. Lihat dipanel kanan, cari service Windows Update
  4. Klik kanan properties, Stop proses terlebih dahulu
  5. Ganti startup type dari Automatic menjadi Manual
    Stop Windows Update
  6. Jika sudah, lanjut kalian cari proses bernama Windows Modules Installer
  7. klik kanan > properties, Stop dan rubah startup type menjadi Manual
    Mengatasi Windows Module Installer
  8. Setelah selesai, buka Task Manager
  9. Cari proses Windows Modules Installer Worker yang memakan CPU tinggi
  10. End Task proses tersebut
  11. Restart komputer

Setelah proses ini selesai, Windows Modules Installer Worker tidak akan pernah lagi menggangu kinerja CPU kalian. Namun perlu diingat, Installasi Windows Update pada kasus ini tidak akan berjalan secara otomatis. Meskipun file update tetap di download, tapi file tersebut hanya akan berdiam diri di komputer. Kalian bisa cek menu Windows Update di Windows 10 dan melihat apakah ada installasi yang bisa di proses segera. Untuk keterangan yang lebih lengkap, silahkan masuk forum resmi Microsoft mengenai Windows Modules Installer Worker.

Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Komentar