Cara menghapus folder windows old dan fungsi

Apa itu Windows Old? Apa Fungsinya?

Baru aja Update Windows ke versi yang baru? Pernah ga kalian melihat ada folder Windows.old setelah itu? Kalian pasti pernah bertanya, mengapa ada folder windows old? Ini gimana cara menghapus folder windows old? Kita akan coba membahasnya satu persatu. Sebelumnya, kalau kalian cek berkas itu komputer, folder ini ternyata memakan banyak space pada hardisk kalian. Kalian pastinya ingin langsung menghapusnya. Tapi siapa sangka, menghapus windows old itu tidak semudah menekan tombol delete. Jadi ada suatu cara khusus untuk menghapus berkas ini. Sebelum kita masuk ke pembahasan, yuk kita simak pengertian dan fungsi folder windows.old.

Penjelasan Folder Windows Old

Apa itu Windows old? Folder ini muncul ketika kalian sehabis melakukan install Windows ke versi lainnya, atau bisa juga versi yang sama (install ulang). Folder Windows.old memiliki file-file dan data dari Windows kalian sebelumnya. Nah dengan fitur ini, kalian dapat mengembalikan atau restore kembali ke Windows lama kalian. Ketika kalian tidak menyukai Update Windows yang baru aja diinstal. Kalian juga bisa mengembalikan file lama sebelum melakukan installasi.

Fungsi dan Cara Menghapus Folder Windows Old

Sebenarnya ada beberapa fungsi dari folder windows old ini. Diantaranya adalah untuk restore ke windows lama dan mengembalikan data dari windows old. Mari kita simak beberapa fungsi tersebut dibawah, dan cari tahu cara menggunakannya.

Restore Windows Dengan Windows Old

Cara restore windows old

Jika kalian merasa menyesal setelah install ulang atau update windows di pc. Kalian bisa mendowngrade atau revert back ke Windows lama kalian. Caranya juga gak susah, kalian langsung aja pergi ke Settings > Update & Security > Recovery. Nanti disitu, kalian akan lihat tombol “Get Started” dibawah “Go back to Windows 7″ atau “Go Back to Windows 8.x”, hal ini bergantung pada versi windows lama sebelum windows versi baru diinstall.

Tekan tombol Get Started dan Windows akan secara otomatis kembali ke versi lama melalui sumber data di folder Windows.old.

Mengembalikan File Lama di Windows Old
Cara hapus windows old setelah install windows

Jika kalian melewatkan beberapa data penting, dan kelupaan untuk backup semua file yang ada di komputer drive C. Nah kalian bisa mengambil kembali file-file lama kalian dari Windows versi sebelumnya, yaitu mengembalikan data tersebut dari Folder Windows.old. Intinya, folder Windows.old itu bakalan menyimpan seluruh data file sistem windows kita yang lama. Data di dokumen, program files, user, semuanya tersimpan rapih di folder ini. Folder ini memang sengaja tidak dihapus saat installasi windows, dengan dalih bisa menyelamatkan data yang ada di windows sebelumnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuka explorer lalu masuk ke C:\Windows.old, file-file kalian akan berada di  C:\Windows.old\Users\userlama_kalian. Carilah file-file kalian yang ada didalam folder userlama_kalian.

Cara Menghapus Folder Windows Old

Meskipun fitur ini dibuat untuk mengembalikan data atau data recovery di pc kalian setelah melakukan installasi, namun ternyata ada kekurangannya juga. Salah satu kekurangan yang paling populer adalah, Folder ini memakan banyak space pada harddisk. Selain itu, dibutuhkan trik khusus untuk bisa menghapus folder ini. Dimana sebagian orang akan merasa kesulitan ketika ingin menghapus folder windows old. Sangat menjengkelkan bukan?

Jika kalian mencoba untuk menghapusnya dengan cara biasa seperti Klik Kanan > Delete, kemungkinan akan terjadi failed. Nampaknya microsoft memang sengaja mengunci akses folder tersebut untuk dihapus begitu saja. Dengan kata lain Folder tersebut tidak bisa dihapus secara manual menggunakan tombol delete. Untuk menghapus folder windows old dengan benar, kalian bisa ikut beberapa langkah berikut ini :
Cara menghapus windows old dengan disk cleanupBuka Startmenu lalu cari Disk Cleanup seperti gambar diatas lalu buka. Nantinya kalian akan ditampilkan dialog selanjutnya.
Hapus folder windows old dengan disk cleanup
Nah di sini, akan keliatan ada Previous Windows Installation atau Folder Windows.old yang memakan banyak sekali space pada harddisk. Seperti digambar besarnya mencapai hampir 12GB. Maka dengan disk cleanup inilah baru kalian bisaa menghapusnya.


Woke! Sekian tutorial kita kali ini mengenai cara menghapus windows old dan juga fungsi folder windows old. Bagi kalian yang masih bingung, tenang saja folder itu memang fitur dari microsoft untuk menangani masalah file dan recovery. Jadi bukan virus atau program berbahaya semacamnya. Silahkan tentukan pilihan kalian terhadap nasib folder windows old tersebut di pc atau laptop kalian masing-masing. Mau dihapus aja oke, mau di simpan juga oke, atau mau di pajang di desktop juga boleh. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Komentar