Cara Menonaktifkan Windows Defender Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Win 10

Windows Defender adalah antivirus gratis yang diintegrasikan dalam versi windows 10 (windows 8.1). Software keamanan ini memang di buat khusus oleh microsoft untuk menjadi garis pertahanan pertama yang akan melindungi komputer kalian. Terutama dari serangan virus, rootkit, spyware dan beberapa program malicious lainnya. Selain itu, software ini permanent. Perlu trik khusus untuk dapat mematikan windows defender secara manual.

Baca Juga : Blokir Program Dengan Firewall

Antivirus Windows Defender pada awalnya akan secara otomatis bekerja dibalik sistem. Namun nantinya pula akan secara otomatis mati, ketika mendeteksi adanya antivirus lain yang terinstall dalam sistem. Apa fungsi dari windows defender sendiri? Kenapa microsoft sampai meluangkan waktu dan dana untuk membuat sistem windows defender? Apakah ada cara menonaktifkan windows defender tanpa harus menginstall antivirus lain?

Fungsi Windows Defender

Sebagai antivirus, windows defender memiliki beberapa fungsi dan kelebihan, yaitu :

  • Memberi Peringatan : Antivirus ini akan memberikan pemberitahuan ketika kita membuka file yang terdapat virus atau pun malware yang berbahaya bagi komputer kita.
  • Membersihkan Secara Maksimal : Windows Defender akan membasmi virus yang berbahaya secara maksimal dan menyeluruh, bukan menghapus filenya.
  • Windows Defender Akan Meminta Restart : Jika di komputer sobat terdapat virus atau malware yang sangat berbahaya, pertama windows akan membasmi nya terlebih dahulu, namun jika virus sangat berbahaya, mereka akan terus muncul kembali setelah virus dihapus, saat itulah Windows Defender akan meminta kita untuk merestart komputer. Ini sangat direkomendasikan untuk menghapus virus, dan setelah komputer sobat menyala kembali, komputer sobat sudah bersih dengan virus dan malware yang berbahaya.

Jadi secara tidak langsung, aplikasi antivirus windows defender ini dibuat memang hanya untuk menunjukan tanda keseriusan microsoft dalam menangani masalah keamanan komputer.

Baca Juga : 14 Antivirus Gratis Terbaik di Dunia

Gimana Cara Mematikan Windows Defender?

Windows 10 menawarkan beberapa cara menonaktifkan windows defender, tetapi itu hanya cara semi permanen dan kita tidak akan membahas cara itu. Pada artikel kali ini kita akan melalui langkah-langkah yang tepat untuk mematikan windows defender secara permanen. Yaitu melalui Group Policy Editor dan Registry Editor yang ada di windows.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui gpedit.msc

  1. Jalankan Run Command (Tekan tombol Windows + R)
  2. Ketik gpedit.msc, lalu klik OK untuk masuk
  3. Kalian masuk ke address berikut :Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender
  4. Dibagian sebelah kanan, kalian lihat file “Turn Off Windows Defender
    Cara Menonaktifkan Windows Defender
  5. Klik dua kali, lalu rubah settingannya menjadi Enabled
  6. Klik Apply dan OK
  7. Restart pc komputer untuk melihat hasilnya!

Cara Menonaktifkan Windows Defender Melalui Registry Editor

  1. Jalankan Run Command (Tekan Tombol Windows + R)
  2. Ketik regedit, lalu tekan OK
  3. Kalian masuk ke address berikut :HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender
  4. Buat file DWORD 32 bit baru dengan nama DisableAntiSpyware
    Mematikan Windows Defender
  5. Rubah angka valuenya dari 0 menjadi 1
  6. Restart komputer untuk melihat hasilnya!

 

Nah ketika kalian menyalakan kembali pc komputer windows, maka secara otomatis antivirus windows defender akan mati. Gampang banget bukan? Baiklah itu kurang lebihnya cara menonaktifkan windows defender. Sekian tutorial kita untuk hari ini, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar